Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN MANAJEMEN MALANG akan membahas artikel mengenai Manfaat Penerapan EOQ

Manfaat Penerapan EOQ (Economic Order quantity) yang luar biasa

Persediaan adalah salah satu point penting dalam komponen suatu usaha. Hal ini dikarenakan Persediaan adalah bahan atau sesuatu yang akan digunakan untuk diolah atau langsung dijual untuk menghasilkan suatu keuntungan bagi suatu usaha. Namun mungkin masih banyak yang masih belum mengetahui bahwa persediaan selain bisa membawa keuantungan akan tetapi juga bisa berbalik membawa kerugian bagi suatu usaha jika tata kelola dan system pemesananya tidak dikelola dan diperhitungkan dengan baik. Dalam hal ini banyak mungkin  pengusaha salah kaprah dan salah persepsi jika ingin keuntungan yang besar maka harus memiliki persediaan yang besar…apakah mindset ini salah? Mindset ini tidak salah akan tetapi kurang lengkap menurut saya. karena jika terjadi salah pengelolaan atas persediaan yang besar maka akan membuat suatu perusahaan bukan menjadi untung malah menjadi buntung, hanya karena kesalahan pengelolaan terhadap suatu persediaan. Walaupun secara keseluruhan masih banyak aspek yang mempengaruhi tingkat pendapatan suatu perusahaan. Akan tetapi pada artikel kali ini saya hanya membahas salah satu faktor yaitu Persediaan.

Menurut kami Konsultan Manajemen Malang berbicara masalah persediaan memang bisa dikatakan susah susah gampang hal ini dikarenakan  persediaan adalah aset lancar yang memiliki tingkat fluktuasi yang sangat tinggi dan cukup rumit. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal bahwa persediaan ini bisa membuat suatu usaha menjadi bermasalah hanya karena masalah kurangnya pengendalian terutama dalam aktivas keluar masuknya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa persdiaan akan dikatakan “keluar” jika dilakukannya penjualan (jika distributor) atau digunakan untuk produksi (jika manufaktur) atau mungkin hilang yang akan diakui sebagai biaya. Sedangkan dikatakan “Masuk” jika dilakukannya aktivitas pembelian. Dalam hal pengendalian persediaan ini maka wajib dilakukan balancing dilakukan pengendalian antara transaksi keluar dan transaksi masuk. Untuk kali ini saya akan membahas pengendalian transaksi masuk atau pembelian dengan menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity). Metode ini akan menjelaskan mengenai tingkat efisiensi pembelian yang dilakukan oleh perusahaan sehingga mampu megurangi pembelian persediaan yang tidak perlu sehingga bisa meminimalkan penumpukan barang digudang, dimana penumpukan barang digudang ini akan menyebabkan tingginya resiko barang tersebut rusak dalam penyimpanan.

Metode EOQ ini saat ini sudah banyak diadopsi oleh perusahaan yang sudah maju, dimana perusahaan yang sudah menerapkan EOQ ini sudah mulai berfikir memaksimalkan pendapatan dari efisiensi yang berasal dari pembelian dan penyediaan persediaan. Dalam metode EOQ dapat diketahui berapa jumlah barang yang ideal untuk dipenuhi atau dibeli berdasarkan pola dan kemampuan menjual perusahaan serta menghemat biaya penyimpanan (carriying cost) dan biaya pemesanan (ordering cost) yang selama ini tidak begitu diperhatikan oleh beberapa perusahaan. Rumus EOQ :

EOQ =      2 x R x S

P

atau

 

Rumus EOQ :

EOQ =      2 x R x S

C

R = Kebutuhan barang dalam suatu periode tertentu misal setahun

S  = biaya pemesanan setiap kali pesan

P =  harga beli setiap unit barang

I  =  Biaya penyimpanan yang dinyatakan dalam prosentase dari nilai rata-rata persediaan barang yang disimpan

C = Biaya penyimpanan tiap unit barang yang disimpan (dalam rupiah)

Dengan adanya EOQ maka perusahaan akan semakin terbantu dan memahami mengenai berapa jumlah persediaan yang tepat untuk dibeli sehingga meminimalkan angka stock yang menumpuk digudang anda sehingga dengan semakin kecilnya angka stock yang menumpuk digudang akan semakin memperkecil juga kerugian yang muncul dari terjadinya stock yang rusak atau stock yang tidak mampu djual atau melebihi kapasitas dalam perusahaan. Serta meminimalkan carriying cost dan ordering cost yang selalu tinggi saat akan melakukan pembelian dan mendatangkan stock.  Soo…silahkan coba sendiri amazingnya manfaat dari penggunaan Metode EOQ….^-^

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Adi Dwi  (D’Consulting Business Consultant)

 

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?