Pada kesempatan kali ini kami Konsultan Keuangan Sampit akan membahas artikel mengenai INDUSTRI RETAIL HANYA TUMBUH 8%???

 

Konsultan, konsultan pajak, konsultan pajak surabaya, konsultan keuangan

Konsultan Keuangan Sampit

INDUSTRI RETAIL HANYA TUMBUH 8%???

(Thursday, 14 September 2017)

 

Sumber berita :

http://koran.bisnis.com/read/20170914/448/689664/toko-modern-bisnis-ritel-diperkirakan-tumbuh-hanya-8

 

Tahun 2017 ini adalah tahun yang cukup sulit untuk industri retail dalam negeri yang masih menggunakan konsep konvensional. Dimana sekarang market sudah mulai shifting dari offline buying ke online buying.

 

Namun ketika kita sebagai pengusaha baru sadar dan mulai bergerak ke treatment online, ternyata pasar online pun sudah penuh dengan produk-produk serupa dengan kita dan marketpun menjadi cukup bingung, karena pilihan produk yang luar biasa besarnya.

 

*Lalu kalau sudah kondisi seperti ini apa yang bisa kita lakukan?*

Tentunya perlu kita pahami, bahwa didalam usaha kita, ketika kita membicarakan profit n loss, maka unsur utama selain sales adalah cost. Ketika bisnis dalam keadaan sunset, maka ada baiknya kita memperhatikan kemana cost yang kita buang selama ini, lalu apakah efektif atau tidak…

 

Konsultan Sop sampit | Konsultan Audit Keuangan sampit | Konsultan Pembukuan sampit

 

Banyak saya temui perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan atau mungkin punya laporan keuangan tapi terbitnya lama sekali.. misal sekarang bulan september, masih baru terbit laporan untuk bulan juni. Nah ini yang akhirnya kita tidak bisa menganalisa secara detail kondisi bisnis kita masing-masing.

 

Bahkan sering juga saya temui, pimpinan perusahaan yang tidak pernah mau membaca laporan keuangan yang disajikan dari pihak accounting.

 

*So apa sih pentingnya kita memiliki laporan keuangan yang valid?*

Pada dasarnya laporan keuangan itu adalah seperti laporan check up kondisi perusahaan anda. Bila diibaratkan seperti tubuh, maka ketika kita dihealth check up, baru kita akan tau apakah ada kolestrol, tekanan darah tinggi, gula darah, dsbnya didalam tubuh kita, dan penting sekali kita check up secara rutin untuk mengetahui kondisi tubuh kita. Sama hal nya dengan laporan keuangan perusahaan kita.

 

Didalam laporan keuangan itu, kita akan bisa mengetahui berapa sales kita, apakah naik atau turun. Berapa besat cost yang kita miliki, *apakah ada cost2 yang tidak efektif*, apakah costnya ada yang mungkin terjadi Fraud. Lalu kita juga bisa memahami, apakah perusahaan kita sehat atau tidak, likuid atau tidak. Semua itu tercermin dalam laporan keuangan..

 

So perhatikan laporan keuangan anda secara seksama, dan lakukan analisa terhadap laporan keuangan tersebut. Yakin dan percayalah, ketika omzet belum datang, tapi anda melaluka hal tersebut dengan rutin, maka cost yang tidak efektif akan berkurang dan biasanya perusahaan anda minimal masih bisa survive diera sekarang ini.

 

Selamat pagi dan salam sukses!

 

Dedy Sidarta

CEO D’Consulting Business Consultant

For more information, please klik link below :

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.compro.businessconsultant

 

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?