Konsultan Manajemen Surabaya kali ini ingin membahas perihal bagaimana melakukan pengaturan pada proses pembelian agar tidak terjadi kecurangan.

Konsultan Manajemen Surabaya

Konsultan Manajemen Surabaya

Konsultan Manajemen Surabaya

Pada dasarnya departemen purchasing merupakan departemen yang paling “basah” dalam lini perusahaan manapun. Hal ini dikarenakan departemen tersebut merupakan pintu masuk dari pada seluruh  supplier yang ada dan yang mana agar barang-barang supplier tersebut dapat diterima oleh perusahaan kita, maka banyak sekali supplier yang menggunakan segala macam cara agar departemen purchasing tersebut mau mengambil barang yang mereka tawarkan.

Kali ini kami Konsultan Manajemen Surabaya ingin mengajarkan kepada anda 4 langkah dalam menyiasati kecurangan dalam departemen purchasing. Pertama yang harus anda lakukan pilih personil yang paling dapat dipercaya untuk mengisi kedudukan kepala purchasing tersebut. Lalu kedua adalah pisahkan personil yang menempati posisi departemen purchasing dan departemen gudang yang akan menerima barang dari purchasing tersebut. Pastikan juga bahwa purchasing tidak berhak untuk menerima dan menyimpan barang. Lalu hal yang ketiga, mintalah quotation / penawaran dari pihak supplier, minimal 3 supplier untuk setiap barang yang akan dibeli. Hal ini paling tidak bisa memfilter agar barang yang masuk keperusahaan adalah barang yang benar-benar murah. Lalu yang terakhir, tugaskan bagian audit khusus yang bertugas untuk mengecek harga supplier yang dipakai secara berkala.

Tentunya keempat hal diatas tadi dapat membatasi departemen purchasing, agar tidak melakukan tindak kecurangan yang bisa merugikan perusahaan. Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat. Apabila ada hal yang anda kurang mengerti dalam artikel ini, anda bisa menghubungi 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?