Kali ini Konsultan Pajak Lombok ingin membahas perihal PPN kegiatan membangun sendiri (PPN KMS).

Konsultan Pajak Lombok

Konsultan Pajak Lombok

Konsultan Pajak Lombok

Sebagian besar dari kita mungkin masih asing dengan istilah PPN Kegiatan Membangun Sendiri. Seringkali yang sering kita jumpai hanyalah PPN atas penjualan dan pembelian, serta berbagai macam Pajak Penghasilan seperti PPh pasal 21,22,23,25, dan PPh 29.  PPN atas Kegiatan Membangun Sendiri memang kurang populer di kalangan wajib pajak, tetapi justru sektor pajak ini yang menjadi perhatian pemerintah karena nilai PPN nya termasuk tinggi.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan membangun sendiri? Yang dimaksud kegiatan membangun sendiri adalah kegiatan membangun bangunan yang dilakukan tidak dalam rangka kegiatan usaha atau pekerjaan wajib pajak orang pribadi maupun badan. Artinya aktivitas membangun tersebut tidak dilakukan karena wajib pajak adalah seorang kontraktor maupun developer. Menurut kami Konsultan Pajak Lombok, Adapun karakteristik dari bangunan yang dikenakan PPN ini adalah konstruksi utamanya terdiri dari kayu, beton, pasangan batu bata, baja dan bahan sejenis lainya serta diperuntukkan sebagai tempat tinggal maupun tempat usaha. Sebagai contoh pak Adi membangun sebuah rumah tinggal dengan tanpa jasa kontraktor, maka atas bangunan tersebut merupakan objek PPN Kegiatan Membangun Sendiri.

Beberapa dari kita mungkin bertanya, mengapa kita yang Membangun Sendiri ini dikenakan PPN? Padahal atas setiap keuntungan maupun penghasilan kita sudah dikenakan pajak, atas material bahan baku untuk membangun pun juga telah dikenai pajak. Sedikit logika yang dikaitkan dengan definisi PPN itu sendiri adalah Pajak Pertambahan Nilai. Sebagai contoh sebuah tanah dengan nilai 200jt, kemudian di atasnya dibangun bangunan dengan total pengeluaran biayanya 150jt. Atas bangunan tersebut tentulah akan bernilai lebih dari 350jt, dan yang menikmati nilai tambah atas bangunan tersebut tentu saja adalah si pemilik bangunan. Dikarenakan adanaya pertambahan nilai tulah alasan mengapa kegiatan membangun sendiri ini dikenakan PPN.

Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan terkait PPN Kegiatan Membangun Sendiri antara lain :

  1. Saat terutangnya PPN Kegiatan Membangun Sendiri dimulai pada saat dibangunnya sebuah bangunan sampai dengan bangunan tersebut selesai.
  2. PPN terutang atas kegiatan membangun sendiri wajib disetor ke kas negara paling lama tanggal 15 bulan berikutnya setelah berakhirnya masa pajak.
  3. Tempat PPN terutang atas kegiatan membangun sendiri adalah di tempat bangunan tersebut didirikan
  4. Jika WP yang melakukan kegiatan membangun sendiri tidak atau kurang menyetorkan PPN, DJP dapat menerbitkan “Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar” berdasarkan hasil pemeriksaan atau verifikasi.
  5. Jika WP tidak dapat memberikan data atau bukti pendukung atas biaya yang dikeluarkan atau yang dibayarkan untuk membangun bangunanpada saat pemeriksaan berlangsung, atau memberikan data atau bukti pendukung biaya yang tidak benar atau tidak lengkap, maka jumlah biaya yang dikeluarkan atau yang dibayarkan untuk membangun bangunan sebagai dasar pengenaan pajak ditetapkan secara jabatan oleh Direktur Jenderal Pajak.
  6. Luasan bangunan minimal 200 m2.

Hal terakhir yang menjadi pertanyaan adalah berapa tarif pajak atas kegiatan membangun sendiri? Dan bagaiman perhitungannya? Perhitungan tarif PPN atas kegiatan membangun sendiri ini sangat erat kaitannya dengan catatan dan juga bukti transaksi terkait pembangunan. Total biaya yang didukung oleh bukti transaksi dikalikan dengan 20% lalu menghasilkan Dasar Pengenaan Pajak (DPP). DPP tersebut nantinya dikalikan dengan tarif 10%, itulah PPN terutang atas kegiatan membangun sendiri.

Demikian sedikit penjelasan mengenai PPN atas Kegiatan Membangun Sendiri yang selema ini kurang familiar di kalangan wajib pajak, semoga bisa sedikit memberikan gambaran terkait jenis pajak yang satu ini. Apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?