Di era modern ini, dunia usaha lebih dimudahkan dengan adanya program akutansi. Berikut adalah  Tips Memilih Program Akuntansi

Tips Memilih Program Akutansi

Tips Memilih Program Akutansi

Tips Memilih Program Akuntansi

Perkembangan teknologi pada dekade terakhir berkembang sangat cepat, masyarakat mulai dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh raksasa teknologi. Masyarakat tidak perlu susah-susah seperti membeli barang, cukup pilih dan klik melalui handphone (HP) mereka, barang akan segera terkirim. Begitu halnya dengan program akuntansi, sekarang ini banyak program-program akuntansi yang ditawarkan oleh perusahaan pengembang teknologi untuk memberikan kemudahan-kemudahan transaksi maupun pelaporan-pelaporan bagi pemilik usaha. Para pemilik usaha tidak perlu lagi berjibaku dengan setumpuk kertas untuk pembuatan laporan, maupun harus pintar excel supaya mampu membuat laporan keuangan. Pemilik usaha cukup memakai jasa program akuntansi maka otomatis program akan mengolah dan menyimpan setiap transaksi secara terkomputerisasi. Lalu hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan saat ingin memilih program akuntansi untuk perusahaan ? Ada banyak macam program akuntansi yang ditawarkan oleh banyak perusahaan, supaya pengguna tidak salah memilih program akuntansi, berikut tips memilih program akutansi :

1. Program harus friendly user atau memudahkan pengguna, artinya program yang perusahaan pilih sebagai program akuntansi harus mudah pengoperasiannya, bahkan untuk staff atau karyawan yang bukan berlatarbelakang lulusan akuntansi pun harus mampu mengoperasikannya. Sebagai contoh ketika menginput penjualan, si kasir yang bukan berlatarbelakang akuntansi mampu menginput dengan benar, mulai dari penginputan jenis barang yang akan dijual, memiliki harga berapa, serta total tagihan yang harus dibayar berapa, sehingga tidak membingungkan customer. Hal ini berlaku sama dengan pengeluaran maupun penerimaan kas.

2. Memiliki sistem pelaporan yang jelas dan mudah serta dapat dipertanggungjawabkan. Pelaporan yang jelas disini maksudnya adalah dalam laporan tersebut harus memuat unsur-unsur yang sesuai dengan standar akuntansi, mulai dari akun-akun apa saja yang tampil di neraca maupun akun-akun yang tampil dilaporan laba-rugi, semua harus sesuai standar akuntansi yang berlaku umum. Selain itu, saat penarikan laporan tersebut pengguna tidak menemui kesulitan dan dapat ditarik kapan pun pengguna butuh. Dapat dipertanggungjawabkan ini berarti setiap nilai yang muncul dilaporan harus dapat menampilkan history transaksi laporan tersebut.

3. Memiliki kemudahan pengeditan transaksi yang baik. Kemudahan disini artinya program memungkin pengguna melakukan perubahan atas transaksi yang sudah disimpan tanpa harus mengubah atau menghapus terlebih dahulu transaksi yang lain, jadi jika terjadi kesalahan atas transaksi maka pengguna dapat dengan mudah melakukan perubahan. Namun, kemudahan disini harus bertanggungjawab. Program harus dapat mengatur pengguna yang dapat melakukan perubahan, tidak boleh semua pengguna program dapat melakukan perubahan terutama terhadap akun-akun yang krusial yang sangat mempengaruhi laporan keuangan secara keseluruhan.

4. Multiuser. Multiuser ini artinya program dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Pengguna dapat melakukan penginputan secara bersamaan sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat sehingga tidak memakan waktu yang banyak.

5. Memiliki sistem auditing, sangat penting suatu program memiliki fitur audit karena ketika terjadi perubahan atau pun penghapusan atas transaksi penting yang tujuannya bermaksud mengaburkan transaksi. Program dapat mengantisipasi dengan mampu menelusuri pengguna yang melakukan hal tersebut sehingga jika terjadi kesalahan atau pun kekeliruan baik disengaja maupun tidak, pengguna dapat mengetahui siapa karyawan tersebut. Itu lah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan memilih program akuntansi, tinggal pengguna pilih berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Sekian artikel ini dibahas mengenai Tips Memilih Program Akutansi, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3100 8700

Created by : Badrut Tamam (EC of D’Consulting Business Consultant)

 

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?