Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Brexit

Brexit

Brexit

Brexit

Akhir – akhir ini kita sering mendengar istilah BREXIT. Tapi mungkin sebenarnya tidak banyak yang tahu apa definisi sebenarnya dari BREXIT, dan apa sebenarnya pengaruhnya untuk indonesia dan perekonomian dunia. mari kita ulas bersama.

Istilah BREXIT berasal dari kata Britain Exit. Istilah ini mirip seperti ketika Yunani / Greek keluar dari Uni Eropa, maka orang menyebut peristiwa itu dengan Grexit yang berasal dari kata Greek Exit. Jadi definisi daripada BREXIT adalah pemungutan suara dari seluruh warga negara Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia, untuk memutuskan apakah Britania Raya harus keluar dari Uni Eropa atau tetap berada di Uni Eropa. Lalu, mengapa Inggris mempertimbangkan untuk keluar dari Uni Eropa?. Hal yang menjadi pertimbangan bagi Inggris untuk keluar dari Uni Eropa adalah karena Uni Eropa menarik uang untuk biaya keanggotaan sejumlah miliaran dolar dan Inggris merasa hanya sedikit keuntungan yang diperoleh. Dan Ada lagi hal lainnya yang menjadi pertimbangan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa yaitu salah satu prinsip Uni Eropa tentang ‘Free Movement’ yang membawa banyak imigran datang dan menetap di Inggris. Nah pertanyaannya adalah, apa dampaknya jika Inggris keluar dari Uni Eropa bagi Indonesia khususnya ?

BREXIT akan berpengaruh pada arus investasi di Indonesia yang datang dari Inggris. Namun dampak tersebut tidak terlalu signifikan, dan akan lebih terasa pada negara-negara di Uni Eropa. Jika Inggris keluar dari Uni Eropa, tidak akan berdampak besar terhadap ekonomi negara berkembang seperti Indonesia. Karena BREXIT akan berdampak pada ekonomi global dan Indonesia juga merupakan bagian dari ekonomi global yang juga akan terkena dampaknya. Namun, pengaruh BREXIT bagi Indonesia tidak akan signifikan dan hanya bersifat sementara atau jangka pendek saja. Dari segi perdagangan juga tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap indonesia karena perdagangan antara Indonesia dengan Inggris tidak terlalu banyak. Akan tetapi meskipun tidak berpengaruh terlalu besar, Indonesia harus tetap waspada karena Mata uang poundsterling dan euro akan memimpin dalam aliran kerentanan pasar uang ini. Mata uang dolar AS akan menguat. Tentu dampaknya rupiah melemah.

Sekian artikel yang kami bahas, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3100 8700

Created by :Riki Irawan  (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?