Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN SISTEM CIKARANG akan membahas artikel mengenai Rasio Likuiditas

Rasio Likuiditas

Likuiditas merupakan suatu indikator yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar semua kewajiban finansial jangka pendek pada saat jatuh tempo dengan menggunakan aktiva lancar yang tersedia. Suatu perusahaan yang mempunyai kekuatan membayar belum tentu dapat memenuhi segala kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi atau dengan kata lain perusahaan tersebut belum tentu memiliki kemampuan membayar. Kemampuan membayar baru terdapat pada perusahaan apabila kekuatan membayarnya adalah demikian besarnya sehingga dapat memenuhi semua kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi. Kemampuan membayar itu dapat diketahui setelah membandingkan kekuatan membayar-nya di satu pihak dengan kewajiban-kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi di lain pihak.

Menurut kami KONSULTAN SISTEM CIAKARANG suatu perusahaan yang mempunyai kekuatan membayar sedemikian besarnya sehingga mampu memenuhi segala kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi, dikatakan bahwa perusahaan tersebut adalah likuid, dan sebaliknya yang tidak mempunyai kemampuan membayar adalah illikuid. Untuk mengetahui seberap besar tingkat likuiditas perusahaan apabila dikatakan baik atau tidak, dengan menggunakan beberapa indikator, yaitu :

  1. Current ratio (Rasio Lancar)

Current Ratio merupakan perbandingan antara aktiva lancar dengan hutang jangka pendek. Rasio ini menunjukan kesanggupan membayar hutang jangka pendek. Selain itu, current ratio menunjukan likuiditas perusahaan yang diukur dengan membandingkan aktiva lancar terhadap hutang lancar atau hutang jangka pendek. Semakin besar nilai rasio ini maka semakin baik tingkat likuditas perusahaan, hal ini dikarenakan kewajiban lancar perusahaan dapat terjamin dengan aktiva lancar yang dimiliki perusahaan. rasio ini dikatakan baik apabila memperoleh nilai 1, yang artinya setiap Rp 1 kewajiban lancar perusahaan dapat dilunasi sebesar Rp 1 aktiva lancar.

  1. Quick Ratio (Rasio Cepat)

Quick Ratio atau Acid-Test Ratio menunjukan likuiditas perusahaan, seperti yang diukur dengan membandingkan aktiva lancar kecuali persediaan terhadap kewajiban jangka pendek atau hutang lancarnya. Rasio ini merupakan rasio likuiditas yang lebih ketat daripada current ratio. Persediaan dianggap aktiva lancar kurang likuid, sebab harus melalui dua tahap untuk menjadi kas (persediaan dijual menjadi piutang, kemudian piutang dikumpulkan baru menjadi kas). Semakin besar nilai rasio ini maka semakin terjamin kewajiban lancar perusahaan dapat dilunasi dengan kemampuan aset lancar nya tanpa menggunakan persediaan. Namun apabila semakin kecil nilai rasio ini menandakan bahwa aset lancar perusahaan tidak mampu melunasi kewajiban lancarnya tanpa menggunakan persediaan.

Rasio Likuiditas  mempunyai manfaat besar bagi perusahaan, yang menyebabkan rasio ini paling sering di pakai perusahaan dan rasio ini tidak ada ketentuan yang mutlak tentang berapa tingkat yang di anggap baik atau yang harus dipertahankan oleh suatu perusahaan karena biasanya tingkat rasio ini juga sangat tergantung kepada jenis usaha dari masing- masing perusahaan. adapun tujuan dan manfaat dari Rasio likuiditas yaitu, sebagai berikut :

  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban atau utaang yang segera jatuh tempo pada saat ditagih.
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dengan aktiva lancar secara keseluruhan.
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dengan aktiva lancar tanpa memperhitungkan sediaan atau piutang.
  • Untuk mengukur atau membandingkan antara jumlah sediaan yang ada dengan modal kerja perusahaan.

Berdaasarkan teori yang dijelaskan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat utama dari rasio likuiditas adalah Sebagai alat pemicu perusahaan dalam memperbaiki kinerja serta membantu manajemen dalam mengecek efesiensi modal kerja.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Adi Utomo  (D’Consulting Business Consultant)

 

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?