Artikel kali ini, kami Konsultan Keuangan Semarang ingin membahas perihal pengaruh pembayaran piutang yang lama terhadap cash flow perusahaan.

Konsultan Keuangan Semarang

Konsultan Keuangan Semarang

Konsultan Keuangan Semarang

Pada dasarnya keuangan perusahaan sehat atau tidak, tidak dapat dilihat dari apakah perusahaan tersebut laba atau rugi saja, namun banyak aspek yang bisa menyebabkan perusahaan tersebut dapat dikatakan sehat atau tidak. Salah satunya dengan menggunakan analisa rasio perputaran piutang usaha. Menurut kami perputaran piutang usaha bisa dianggap sehat apabila piutang tersebut dapat berada diangka yang sekecil-kecilnya. Dengan kata lain customer berhutang kepada perusahaan dan sesegera mungkin dibayar. Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Karena pada dasarnya piutang yang terlalu lama akan mengurangi margin dari pada nilai penjualan terhadap customer tersebut. Kenapa bisa begitu? Karena pada dasarnya ketika kita memberikan piutang kepada customer, tentunya ada aspek bunga yang harus diperhitungkan.

Menurut kami Konsultan Keuangan Semarang, apabila kita memberikan hutang kepada customer dan dibayar dengan termin yang cukup lama, misal 8 bulan. Maka harus diperhatikan juga apabila kita memberikan hutang kepada customer tersebut selama 8 bulan dan yang mana bunga pinjaman ke bank sebesar 12% setahun, maka kita sudah rugi 8% dari pada nilai penjualan yang kita berikan. Tentunya apabila kita memiliki profit kotor hanya sebesar 5% dan kita harus menghutangi selama 8 bulan dan tentunya merugi terkena bunga bank sebesar 8%, tentunya hal ini harus kita pikirkan kembali.

Terkadang banyak perusahaan tidak paham akan hal tersebut dan hanya berpatokan bahwa bisa menjual banyak, meskipun dengan untung yang tidak seberapa. Tapi marilah kita pikirkan bagaimana cara pengolahan piutang yang baik, agar cash flow perusahaan dapat diatur dengan positif. Apabila kita dapat secepat mungkin menerima piutang dari customer, tentunya kita juga tidak perlu berhutang kepada bank untuk mensuplly aliran kas perusahaan. Sekian article kami, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Apabila mungkin ada yang ingin ditanyakan mengenai artikel ini, hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?