Pada kesempatan kali ini KONSULTAN SISTEM CIKARANG akan membahas artikel tentang Prinsip Analisa Teknikal Saham

Prinsip Analisa Teknikal Saham

Salah satu instrument investasi yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia adalah investasi saham di pasar modal. Saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Sehingga pemegang saham turut memiliki hak atas kekayaan serta keuntungan atas perusahaan. Seorang investor yang akan melakukan transaksi jual maupun beli saham terkadang bingung dalam menentukan saham seperti apa yang harus dibeli serta kapan harus menjual saham yang dimiliki. Terkadang seorang investor mengalami situasi dimana meraka melakukan pembelian saham, namun justru saham yang mereka beli mengalami penurunan. Begitu juga sebaliknya, ketika investor telah menjual saham yangh dimiliki, ternyata saham yang telah jual mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Untuk itu, salah satu cara yang dapat digunakan untuk dapat menentukan kapan kita harus membeli dan menjual saham adalah dengan melakukan Analisa teknikal.

Analisa teknikal merupakan aktivitas Analisa harga saham dengan menggunakan data-data historis dari harga saham dimasa lalu. Analisa teknikal biasanya cocok dilakukan oleh investor yang ingin melakukan investasi saham dalam jangka pendek (trading). Data-data historis yang digunakan dalam Analisa teknikal antara lain seperti informasi harga pembukaan, penutupan, tertinggi, terendah, serta volume perdagangan. Namun perlu diingat bahwa hasil dari Analisa teknikal tidaklah 100% akurat. Namun, setidaknya hasil dari Analisa teknikal dapat membantu inverstor dalam memprdiksi pergerakan harga saham yang mereka miliki.

Dalam Analisa teknikal setidaknya terdapat tiga prinsip utama yang harus dipahami, yaitu

  1. Market Action Discounts Everything

Asumsi dasar yang digunakan dalam analisis teknikal adalah segala sesuatu yang mempengaruhi pergerakan pasar baik dari segi fundamental, politik dan factor psikologis lainnya tercermin dalam pergerakan pasar. Robert A. Levy, pendiri CDA Investment Technologies, mengemukakan beberapa asumsi yang menjadi dasar teknikal, diantaranya seperti:

  • Nilai pasar, ditentukan oleh interaksi permintaan dan penawaran.
  • Interaksi permintaan dan penawaran ditentukan oleh berbagai faktor, baik faktor rasional maupun faktor yang tidak rasional.
  • Harga-harga efek secara individual dan nilai pasar secara keseluruhan cenderung bergerak mengikuti suatu trend selama jangka waktu yang relatif panjang.
  • Trend perubahan harga dan nilai pasar dapat berubah karena perubahan hubungan permintaan dan penawaran.

Dari asumsi tersebut, semua berdasarkan pada interaksi yang terjadi di pasar. Asumsi tersebut yang menjadi dasar analisis teknikal menempatkan harga yang tertera di atas segalanya.

  1. Prices Move in Trend

Pada prinsip ini, asumsi yang digunakan adalah pergerakan harga saham yang terjadi sebelumnya tidak terjadi secara acak dan memiliki pola-pola tertentu yang selalu berulang sampai ada tanda-tanda perubahan arah pergerakan. Arah pergerakan atau trend yang dimaksud adalah trend naik, trend turun, atau dalam trendsideways (mendatar). Dengan mengetahui trend dari harga saham, maka anda dapat memilih keputusan terbaik apa yang akan diambil.

  1. History Repeats Itself

Pada prinsip ini,  analisis teknikal berpendapat bahwa harga saham bergerak pada suatu ternd tertentu yang selalu berulang. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perilaku investor dan pelaku pasar di masa lalu adalah sama dengan inverstor masa kini dalam menyikapi informasi yang mempengaruhi pasar. para penganut analisa teknikal percaya bahwa mereka bisa mengetahui pola-pola pergerakan harga di masa datang dengan berdasarkan pada observasi pergerakan harga di masa lalu.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Dwiki  (D’Consulting Business Consultant)

 

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?