Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN AKUNTANSI JAKARTA akan membahas artikel tentang Pengertian Biaya Langsung 

Pengertian Biaya Langsung

Dalam dunia bisnis, perusahaan pasti selalu tidak pernah lepas dari biaya. ketika perusahaan menginginkan barang ataupun jasa perusahaan pasti membutuhkan biaya. Seperti pada saat melakukan pengurusan perijinan, perusahaan pasti akan membutuhkan biaya, ketika perusahaan akan menggunakan listrik, telepon dan air, perusahaan juga membutuhkan biaya.

Dalam akuntansi, biaya adalah pengorbanan ekonomis untuk memperoleh barang atau jasa. Singkatnya, biaya merupakan kas ataupun setara kas yang dibayarkan seseorang ataupun perusahaan untuk memperoleh tujuan akhir tertentu seperti barang maupun jasa yang dapat dirasakan manfaatnya saat ini ataupun dimasa yang akan datang. Biasanya, perusahaan mengeluarkan biaya-biaya yang bertujuan untuk menghasilkan laba bagi perusahaan.

Secara akuntansi, biaya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung adalah biaya yang dapat ditelusur ke objek biaya. Contoh biaya langsung adalah biaya bahan baku. Sedangkan, biaya tidak langsung adalah biaya yang tidak dapat ditelusur secara langsung ke objek biaya. Contoh dari biaya tidak langsung adalah biaya overhead pabrik.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang biaya langsung. Sesuai penjelasan sebelumnya, biaya langsung merupakan biaya yang dapat langsung ditelusuri langsung kepada objek biaya. objek biaya yang dimasud dapat berupa produk, departemen proyek dan lain sebagainya. Sebagai ilustrasi, ketika perusahaan akan memproduksi produk berupa kursi. Maka, yang dapat dikategorikan sebagai biaya langsung adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli kayu untuk keperluan mebuat kursi tersebut. Kayu dikatakan sebagai biaya langsung karena penggunaan kayu pada pembuatan kursi dapat dilihat dan ditelusuri secara langsung, dan juga kayu merupakan komponen utama dalam pembuatan kursi. Ilutrasi lainya ketika perusahaan akan membangun Gedung baru dan ketika proses awal desain perusahaan menyewa jasa konsultan untuk melakukan desain untuk bangunan baru. Biaya yang muncul pada saat menggunakan jasa biaya konsultan dapat dikategorikan sebagai biaya langsung. Karena penggunaan biaya konsultan dapat dikategorikan sebagai biaya langsung, karena penggunaan jasa konsultan dalam pembangunan dapat langsung ditelursuri dan dampaknya langsung dirasakan pada pembangunan Gedung baru tesebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa biaya langsung merupakan biaya yang pengunaannya dapat ditelusuri dengan mudah dari objek biaya.

Jadi, apakah saat ini anda telah dapat menentukan biaya langsung apasaja yang ada pada perusahaan anda?

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Dwiki  (D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?