Artikel kali ini akan dibahas mengenai Hubungan Antar Jenis Laporan Keuangan

Hubungan Antar Jenis Laporan Keuangan

Hubungan Antar Jenis Laporan Keuangan

Hubungan Antar Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan secara keseluruhan menyajikan berbagai jenis informasi tentang kegiatan perusahaan selama periode waktu tertentu dalam angka-angka. Masing-masing laporan keuangan antara yang satu dengan yang lainnya memilikiperanan yang berbeda-beda, dengan sudut pandang dan fokus penyajian yang berbeda-beda pula. Dengan demikian, maka satu macam laporan tidak bisa menggantikan laporan yang lain.

Laporan laba/rugi, laporan perubahan modul, dan neraca mencerminkan hubungan artikulatif. Laba/rugi yang tersaji di laporan laba/rugi menjadi bagian di laporan perubahan ekuitas. Selanjutnya, saldo akun ekuitas yang tersaji di laporan perubahan ekuitas tercantum di neraca, khususnya di elemen ekuitas. Sedangkan laporan arus kas terkait dengan salah satu yang terdapat di neraca, yaitu akun Kas.

Penyajian elemen-elemen persamaan akuntansi di laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Elemen-elemen asset, utang, dan ekuitas disajikan di neraca
  2. Elemen-elemen pendapatan dan biaya disajikan dilaporan laba/rugi
  3. Elemen pengembalian ekuitas dan ekuitas disajikan di laporan
  4. Perubahan ekuitas Salah satu elemen asset, yaitu kas, disajikan dilaporan arus kas

Penyajian Elemen-elemen Laporan Keuangan

Dari penjelasan tentang Laporan Keuangan di atas dapat disimpulkan bahwa, Laporan Keuangan yang satu dengan yang lainnya memiliki hubungan yang amat penting. Ini dikarenakan Laporan Keuangan merupakan suatu hal yang vital, artinya hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan guna dilakukannya suatu pengambilan keputusan yang tepat.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Hananto Rahman (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?