Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Naiknya Peringkat Investasi Indonesia

Naiknya Peringkat Investasi Indonesia

Naiknya Peringkat Investasi Indonesia

Naiknya Peringkat Investasi Indonesia

Baru-baru ini lembaga pemeringkat rating investasi global S&P menaikkan peringkat utang pemerintah Indonesia menjadi BBB-, yaitu zona “layak investasi”.Ini merupakan suatu yang membanggakan mengingat S&P adalah lembaga global yang setiap keputusannya dianggap kredibel pada dekade terakhir. Lalu apa untungnya bagi indonesia dengan adanya kenaikan peringkat rating ini. Banyak keuntungan yang akan didapat oleh Indonesia dengan naiknya peringkat rating investasi ini. Keuntungan pertama yang didapat oleh Indonesia dengan kenaikan rating investasi ini adalah indonesia akan mendapatkan biaya bunga utang akan turun. Dengan turunnya biaya bunga utang maka akan meringankan beban anggaran Pemerintah. Bukan hanya beban bunga pemerintah aja yang turun namun beban bunga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sektor swasta juga akan turun. Otomatis BUMN dan perusahaan swasta akan dapat menghemat anggaran atau bahkan bisa jadi penurunan biaya bunga tersebut dapat dialakosikan ke hal-hal yang bersifat produktif.

Pemerintah Indonesia tidak akan susah dalam mencari pinjaman dengan tarif bunga rendah. Akan banyak penyedia hutang global yang bersedia memberikan pinjaman ke pemerintah indonesia dengan tarif yang rendah. Dengan ini Pemerintah dapat memilih pinjaman dengan tarif bunga yang kecil. Di sektor swasta pun begitu, mereka juga dapat memilih pinjaman dengan bunga yang relatif kecil karena penyedia pinjaman global percaya bahwa iklim investasi Indonesia baik. Selain itu, keuntungan lain yang didapat Indonesia dengan kenaikan peringkat ini adalah akan banyak arus investasi asing. Gejala ini bisa dilihat dari naiknya meroketnya harga Indeks Saham Gabungan (IHSG). Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia terutama nilai tukar rupiah yang akan menguat. Jika arus investasi asing mampu dialokasikan ke sektor riil maka membuka banyak lowongan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran. Jadi kenapa S&P menaikkan standar rating investasi Indonesia dan apa saja sebab-sebab naik turunnya rating investasi Indonesia. S&P menaikkan status rating investasi karena pemerintah dianggap berhasil menjaga stabilitas makroekonomi.

Selain itu, Pemerintah juga mampu menjaga stabilitas sistem keuangan  serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tengah kondisi global yang penuh ketidakpastian. Rating investasi ini bisa saja terus naik atau bahkan bisa turun tergantung dari situasi dan kondisi Indonesia. hal-hal dasar yang sangat mempengaruhi naik turunnya ini adalah gejolak ekonomi, sarana dan prasarana yang kurang diurus, pendapatan per kapita masyarakat yang dianggap standar atau tidak mengalami kenaikan, birokrasi yang terlalu bertele-tele dan pasokan listrik yang belum memadai. Gejolak ekonomi banyak dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Faktor internal dapat diakibatkan oleh gejolak politik yang tidak kondusif sehingga perekonomian menjadi goyah. Faktor lain juga adalah gagal panen dan kenaikan harga bahan bakar yang menggerus pendapatan masyarakat sehingga permintaan masyarakat akan barang konsumsi menjadi lesu. Untuk faktor eksternal yang mempengaruhi gejolak ekonomi adalah merosotnya permintaan global sehingga mengurangi aktivitas ekspor indonesia.

Sarana dan prasarana tentunya harus diperhatikan untuk terus meningkatkan konektivitas antar wilayah supaya aktivitas ekonomi tidak terkendala oleh ketidaktersedianya sarana penunjang seperti jalan, pelabuhan dan bandar udara. Dengan terjaminnya sarana dan prasarana maka akan meningkatkan konektivitas wilayah sehingga aktivitas ekonomi lebih efektif dan efisien. Pendapatan perkapita, birokrasi dan pasokan politik harus tetap diperhatikan. Pendapatan perkapita harus tetap dijaga supaya dapat menjaga konsumsi masyarakat. Birokrasi harus tetap diperbaiki terutama peraturan yang tumpang tindih yang dapat menghambat investasi serta pasokan listrik untuk menjaga industri untuk tetap tumbuh.

Sekian artikel mengenai Naiknya Peringkat Investasi Indonesia ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Badrut Tamam (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?