Kali ini Konsultan SAP Solo ingin memberikan tips perihal pembuatan prosedur pengeluaran yang baik untuk menyelaraskan dengan program akuntansi.

Konsultan SAP Solo

Konsultan SAP Solo

Konsultan SAP Solo

Biasanya proses pengeluaran barang pada perusahaan tradisional hanya dicatat didalam kartu stok, namun dibeberapa perusahaan yang sangat-sangat tradisional transaksi tersebut hanya diingat saja dan tidak ada kontrol yang baik dalam proses pengeluaran barangnya. Tentunya hal ini sangat riskan dan berdampak besar pada tidak terkontrolnya saldo persediaan dan tidak adanya orang yang akan bertanggung jawab terhadap kehilangan stock tersebut.

Menurut kami Konsultan SAP Solo, pada saat mengeluarkan stock sebaiknya perusahaan melakukan pencatatan secara komputerisasi, atau bisa dikatakan melalui program akuntansi. Tentunya hal ini akan berdampak baik kepada perusahaan, karena stock akan lebih mudah untuk terupdate dan akan langsung link dengan bagian accounting. Pada saat melakukan pengeluaran barang untuk proses pengiriman barang, hal yang harus diperhatikan oleh bagian gudang adalah pastikan sudah menerima dokumen sales order yang legal dari bagian sales atau marketing, yang mana sudah diotorisasi jelas dan ada alamat pengiriman yang jelas.

Setelah itu bagian gudang harus mempersiapkan barang sesuai dengan SO yang ada, tentunya proses ini adalah proses yang paling rawan. So setelah bagian gudang mempersiapkan barang untuk dikirim, pastikan ada bagian checker yang bisa membantu untuk melakukan mengecek ulang apakah barang yang dikirim sudah sesuai dengan SO yang diterbitkan oleh bagian sales, dan tentunya pastikan bahwa sudah ditandatangani oleh bagian yang terkait, termasuk kepala gudang.

Proses pengeluaran barang sering sekali terjadi penyelewengan karena bagian gudang, checker dan pengiriman melakukan kerjasama yang merugikan perusahaan, so tentunya adalagi cara-cara ataupun trick-trick yang harus kita lakukan agar proses kecurangan tersebut dapat dihindari. Penasaran apa itu? Tunggu artikel kami yang berikutnya.

Apabila ada yang ingin ditanyakan kepada kami mengenai bagaimana membuat SOP yang baik, program akuntansi apa yang baik digunakan diperusahaan bapak ibu, silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?