Kali ini kami Konsultan Pajak Serpong akan membahas update tax amnesty berdasarkan Metro News tanggal 5 Desember 2016.

Konsultan Pajak Serpong

Konsultan Pajak Serpong

Konsultan Pajak Serpong

Bank Indonesia (BI) memperkirakan total dana repatriasi yang masuk ke Indonesia lewat program amnesti pajak hingga akhir tahun sebesar Rp100 triliun. Besarnya dana yang masuk tersebut bakal memengaruhi laju rupiah, karena itu BI akan siap siaga menjaga nilai tukar mata uang garuda tersebut. “Perkiraan kami repatriasi yang sudah masuk sampai September Rp40 triliun. Sementara ditambah periode kedua sehingga di kuartal IV-2016 ada Rp100 triliun yang akan masuk,” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung, di Hard Rock Hotel, Jalan Pantai Kuta, Bali, Minggu (4/12/2016).

Konsultan Pajak Serpong – Dia menjelaskan, pengaruh nilai tukar rupiah saat ada dana yang mengalir masuk ke Indonesia cukup banyak akan membuat nilai tukar rupiah menguat. Penguatan itu tak serta merta membuat perekonomian stabil, justru yang terjadi adalah dampak buruk di sisi ekspor. Jika mata uang rupiah terus menguat, lanjutnya, maka daya saing eksportir akan semakin lemah. Sementara daya saing barang-barang impor yang masuk ke Indonesia juga akan semakin menguat karena harganya menjadi lebih murah. Untuk itu BI siap mengerem laju penguatan rupiah secara drastis.

“Ada (antisipasi BI dalam penguatan rupiah). Kami kelola dengan baik supaya rupiah tidak tiba-tiba menguat,” imbuhnya. Namun, menurut Juda, saat ini dana repatriasi masih belum memengaruhi pergerakan rupiah. Ini karena dana repatriasi dari peserta program amnesti pajak masih terparkir di bank gateway dalam bentuk mata uang asing.

Sekian artikel update tax amnesty, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada yang ingin ditanyakan perihal tax amnesty atau permasalahan pajak yang lain, silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?