Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN MANAJEMEN TANGERANG akan membahas artikel tentang Cara Mengelola Gudang dengan Konsep Manajemen Warehouse

Cara mengelola Gudang dengan Konsep Manajemen Warehouse

Tubuh manusia diberkahi otak sebagai penyimpanan memori, hal lain PC atau laptop dibutuhkan banyak perangkat keras tidak lupa dengan tempat penyimpanan dokumen. Apalagi perusahaan yang banyak manusia, banyak biaya dan banyak barang perlu penyimpanan yang big space, tergantung juga dengan jenis perusahaan apa yang dijalankan bisa distributor, produksi, kesehatan, atau jasa dan lain-lain. Secara detail sistem manajemen gudang bisa diartikan untuk pengelola dari kegiatan penyimpanan barang bergerak atau sementara.

Beberapa kegiatan perusahaan gudang sebagai penyimpanan bahan baku, barang siap jual dari pemasok luar (importir), dan lain lain. Jelas gudang berpengarugh besar terhadap aktivitas perusahaan dan sebagai pengendalian pengaturan barang seperti pengaturan barang masuk ke gudang, penataan per kategori, tersusun dan barang mudah terlihat, cara pengepakkan barang dan pengembalian barang (retur) dan semua proses tersebut harus dilakukan pencataan administrasi tertentu agar terkontrol dan ada bukti mutasi pergerakkan barang.

Dengan hal ini maka dapat diberikan deskripsi bahwa kegiatan manajemen warehouse ini terdiri atas beberapa aktivitas sederhana dalam gudang terbagi atas kegiatan antara lain :

  1. Administration

Jenis kegiatan pengeluaran dan pemasukkan dana harus diatur melalui administasi, dan tercatat ketika ada pendanaan barang di administasi agar dapat mengembangkan dan memudahkan perincian di konsep manajemen gudang.

  1. Persediaan (Inventory)

Barang yang tersedia digudang yang bisa digunakan sebagai acuan nominal untuk kekayaan perusahaan dengan melalui konsep manajemen gudang.

  1. Stock Opname

Perusahaan perlu menghitung semua kekayaan inventory guna kontrol barang gudang dan mengetahui selisih atau tidaknya barang tersebut.

  1. Evaluasi Metode Alur Gudang

Menurut kami Konsultan Manajemen Tangerang  Mengevaluasi kegiatan bagian gudang sebagai proses warehouse continious untuk menilai baik atau kemiungkinan terburuk pengelolaan gudang yang ada, jika sering merugikan maka konsep harus segera diganti dengan Trial and Learning.

Suatu inidkator keberhasilan perusahaan melalui manajemen gudang antara lain :

  1. Minimalisir pengeluaran yang tidak perlu di perusahaan
  2. Pengaturan alur pengeluaran atau penerimaan barang tecatat dengan benar antara bagian gudang dan officer.
  3. Pergerakkan barang jelas dan bisa diprediksi sebagai buffering atas jenis produk yang dijual.

Alternatif cara efektif dalam membangun sistem manajemen gudang yang baik :

  1. Data Akurat

Beberapa perusahaan menggunakan sistem pre-order, dan data pesanan yang masuk adalah landasan dalam menentukan angka persediaan. Untuk menentukan forecast penjualan, juga perlu mengetahui seperti apa rencana pemasaran dan target.

  1. Membuat forecast persediaan
  2. Membuat jadwal persediaan

Buatkanlah jadwal pembelian kepada supplier sehingga memudahkan dalam mengerjakan forecast dan lain-lain. Dan akan lebih enak lagi jika jadwal penerimaan barang ini juga  atur, tentunya ini akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan.

  1. Lakukan Budgeting Persediaan

Setelah mendapatkan forecast dan jadwal persediaan, tinggal menghitung dan apakah sudah menghabiskan uang berapa. Serta tetap bisa menganalisa penyesuaian pada step ini, supaya bisa sesuai dengan budget yang ada.

  1. Kenali karakter persediaan

Perusahaan harus tahu bagaimana cara menyimpan stok dengan benar sesuai dengan karakternya. Misalkan barang yang terjual memiliki bentuk yang kecil dan berharga mahal. Maka letakkanlah ditempat-tempat yang mudah terlihat agar mudah di hitung dan di pantau.

  1. Atur Tata Letak

Selain mengenali karakter persediaan juga harus mengatur layout gudang. Ini sangat penting untuk yang bergerak dibidang bisnis retail yang notabenya barang yang jual memiliki masa kadaluarsa. Jadi harus mengatur supaya produk yang keluar dari  gudang adalah produk dengan masa kadaluarsa paling awal (FIFO).

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Alif  (D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?