Kali ini Konsultan SOP Malang ingin membahas perihal bagaimana melakukan persiapan untuk stock opname yang benar.

Konsultan SOP Malang

Konsultan SOP Malang

Konsultan SOP Malang

Pada dasarnya proses stock opname sebaiknya dilakukan secara berkala dan harusnya dilakukan setiap bulan secara rutin. Hal itu berguna untuk memeriksa kondisi stok yang terkadang sering sekali bermasalah dan terjadi juga banyak kecurangan pada stok tersebut. Namun yang sering terjadi dilapangan adalah proses stock opname hanya dilakukan berdasarkan kebiasaan dan akhirnya menimbulkan banyak sekali kesalahan pada saat proses perhitungan stock.

Maka dari itu Konsultan SOP malang ingin memberikan sedikit tips bagaimana agar proses stock opname dapat dilakukan dengan baik dan tanpa kecurangan. Cara-cara tersebut antara lain dengan :

  1. Pertama-tama adalah bagaimana cara menata gudang dengan baik. Proses ini sangat penting dikarenakan apabila barang tidak ditata per jenis dan per rak, serta diberikan kartu stock yang baik, maka proses stock opname akan berlangsung sangat lama dan susah.
  2. Apabila barang sudah ditata dengan baik, pastikan bahwa mutasi barang masuk dan keluar dicatat dengan baik pada kartu stock persediaan.
  3. Apabila kartu stock sudah ok, maka pada saat proses stock opname sebaiknya dilakukan dengan cara mendadak. Dalam artian tidak ada tanggal pasti untuk melakukan stock opname, hal itu bertujuan agar tidak terjadi konspirasi dibagian gudang untuk mencocokan barang terlebih dulu.
  4. Pastikan sudah menggunakan program akuntansi dan alat penghitungan stock yang benar.
  5. Ketika melakukan stock opname, pastikan bahwa bagian accounting tidak turun seorang diri, melainkan melakukan stock opname dengan beberapa orang team. Tentunya bagian gudang juga harus dilibatkan dalam melakukan penghitungan stock opname ini. Hal ini bertujuan, supaya tidak terjadi kerjasama yang merugikan antara masing-masing bagian.
  6. Ketika melakukan stock opname pastikan setiap orang mendapatkan lembar barang-barang yang ada didalam gudang, namun jangan diberikan kolom kuantitas menurut perhitungan program akuntansi. Pastikan bahwa mereka benar-benar menghitung stock dengan benar.
  7. Bagilah ke beberapa tim untuk menghitung masing-masing tempat, namun pastikan setiap tim beranggotakan minimal 2 orang, dimana seorang adalah bagian accounting dan seorang lagi adalah bagian gudang.
  8. Lakukan perhitungan dengan cepat dan tepat, lalu rekaplah untuk menghitung selisih yang ada.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan silakan hubungi 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?