Kali ini kami Kantor Audit Laporan Keuangan Surabaya ingin membahas, mengapa penting melakukan audit laporan keuangan secara berkala.

Audit Laporan Keuangan Surabaya

Audit Laporan Keuangan Surabaya

Audit Laporan Keuangan Surabaya

Pada dasarnya setiap perusahaan harus sudah bisa membuat laporan keuangan sendiri, tanpa bantuan dari pihak lain. Namun setelah laporan tersebut dibuat sebaiknya laporan yang dibuat oleh bagian accounting perusahaan anda dicek kembali kebenarannya. Karena terkadang pihak accounting juga bisa melakukan penyelewengan ataupun kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan. Pada dasarnya laporan keuangan dapat dilakukan secara berkala, ada yang melakukannya setiap bulan sekali, ada pula yang melakukan 6 bulan atau setahun sekali.

Lalu apa saja jenis Audit Laporan Keuangan Surabaya yang ada? Audit laporan keuangan ada 2 macam, pertama adalah audit untuk melakukan pemeriksaan terhadap kebenaran laporan keuangan yang diterbitkan. Kalau boleh kami sebutkan untuk jenis audit yang pertama lebih mengarah untuk mengecek kebenaran laporan keuangan yang ada. Biasanya dalam jasa audit ini akan dilakukan pemeriksaan secara lebih detail, seperti melakukan stok opname, melakukan konfirmasi piutang dan hutang, tracing bukti transaksi, cash opname dan korelasi laporan keuangan. Hasil dari pekerjaan ini adalah menerbitkan laporan keuangan yang valid.

Untuk jenis audit laporan keuangan yang kedua adalah audit laporan keuangan. Audit laporan keuangan yang dilakukan ini akan menerbitkan apakah laporan keuangan yang ada ini wajar atau tidak wajar. Biasanya audit laporan keuangan ini ditujukan untuk pihak eksternal, seperti bank, pajak, dsb. Audit laporan keuangan ini dilakukan biasanya untuk periode 6 bulan dan periode 1 tahunan. Dalam jasa audit ini biasanya dilakukan tracing ataupun korelasi antara akun-akun yang bersangkutan. Audit ini biasanya lebih global, tidak mengecek laporan secara detail. Hanya melihat apakah laporan tersebut wajar atau tidak. Namun sebaiknya anda sebagai perusahaan yang sudah memiliki departemen accounting tetap harus melakukan audit ini, yang mana akan berguna untuk menemukan fraud / kecurangan yang mungkin terjadi diperusahaan anda.

Sekian artikel ini semoga dapat bermanfaat. Apabila anda ingin berkonsultasi kepada kami mengenai audit laporan keuangan ataupun perihal bisnis yang lain, hubungi kami di 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?