Kali ini Konsultan Sistem Medan ingin membahas perihal bagaimana mengatasi kecurangan pada transaksi pembelian diperusahaan resto.

Konsultan Sistem Medan

Konsultan Sistem Medan

Konsultan Sistem Medan

Perusahaan restoran akan selalu berhubungan dengan bahan baku dan bahan mentah, yang mana barang-barang tersebut harus fresh dan maka dari itu harus dibeli setiap pagi. Pada perusahaan resto, tentunya bagian pembelian dan gudang harus bekerjasama dengan baik agar proses pembelian tidak sampai tertunda dan jangan sampai mengakibatkan pasokan barang kurang.

Proses inilah yang menurut kami Konsultan Sistem Medan sangat rawan terjadinya kecurangan. Hal tersebut bisa terjadi karena intensitas pembelian barang yang cukup sering, lalu juga bisa diakibatkan dari padatnya aktivitas tiap-tiap bagian dan yang terakhir juga bisa dikarenakan proses pembelian yang dilakukan sendiri oleh bagian purchasing, karena keadaan urgent ataupun keadaan yang lain. Lalu bagaimana mengatasinya??? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, antara lain :

  1. Membuat sistem penyimpanan barang yang baik serta membuat buffer stok (minimum stock) yang optimal. Hal ini dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya pembelian barang sewaktu-waktu, sehingga kemungkinan kecurangan yang dilakukan, juga tidak akan terlalu besar.
  2. Melakukan proses order ke supplier dengan menerbitkan PO dan supplier mengirimkan ke resto. Hal ini dapat membuat kegiatan dari purchasing lebih berkurang dan mengurangi kemungkinan markup harga dari bagian purchasing.
  3. Membuat SOP pembelian dan penerimaan barang yang tepat. Hal ini dimungkinan untuk melakukan pengontrolan antar masing-masing departemen, sehingga ketika melakukan pemesanan barang, nanti akan dikontrol penerimaannya oleh bagian yang berbeda.
  4. Meminimkan dilakukannya proses pembelian selain dari supplier.

Paling tidak 4 cara diatas dapat dilakukan untuk membatasi terjadi kecurangan oleh bagian pembelian dan akhirnya membuat perusahaan lebih produktif. Sekian artikel ini, apabila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?