Kali ini Konsultan Sistem Pasuruan akan membahas perihal faktor apa saja yang mempengaruhi  keberhasilan suatu perubahan sistem perusahaan.

Konsultan Sistem Pasuruan

Konsultan Sistem Pasuruan

Konsultan Sistem Pasuruan

Biasanya perubahan sistem suatu perusahaan didasari oleh kebutuhan yang mana seringnya adalah regenerasi perusahaan atau pemekaran perusahaan tersebut. Banyak sekali perusahaan lama yang masih menggunakan sistem tradisional, dan dimana ketika anak pemilik lama akan menggantikan usaha tersebut, dimana dengan mindset yang modern juga akhirnya merubah sistem yang lama menjadi sistem yang lebih modern.

Biasanya kami sebagai Konsultan Sistem Pasuruan sering memberikan info kepada perusahaan bahwa perubahan sistem tidaklah mudah. Butuh effort yang cukup besar untuk melakukan perubahan tersebut. Namun usaha/effort tersebut seharusnya akan sebanding dengan hasil yang didapat setelah sistem yang baru telah berjalan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan apabila anda ingin melakukan perubahan sistem didalam perusahaan anda.

  1. Pemahaman dari perubahan sistem saat ini bukan hanya terkait dengan program /software yang digunakan, namun juga terhadap Standard Operating Procedure (SOP) yang mengikutinya. Banyak sekali pengusaha yang beranggapan bahwa perubahan sistem hanyalah berdasar pada perubahan pada program/software yang digunakan. Mereka menganggap bahwa ketika mereka berinvestasi untuk program/software baru, maka segala permasalahan mereka akan usai. Namun anggapan tersebut ternyata salah! Banyak sekali perusahaan yang mengganti program, namun tidak menata ulang prosedur yang ada, malah berakhir dengan tambah kacau dan malah seringnya adalah program/software yang dibeli tersebut malah tidak bisa digunakan. So apabila anda ingin memperbaiki sistem, haruslah sekalian dengan perbaikan SOP yang akan anda gunakan diperusahaan.
  2. Perubahan tidaklah mudah, namun ketika anda berubah segalanya akan menjadi lebih baik. Ketika kita melakukan perubahan untuk mengganti program dan SOP yang ada tentunya akan memakan waktu, tenaga, pikiran dan biaya yang cukup banyak. Tentunya hal yang diinvestasikan akan cukup banyak dan tidaklah mudah. Apalagi penerapan sistem yang baru biasanya antara 4 – 6 bulan pertama akan terasa cukup berat. Banyak sekali tenaga dan waktu yang dicurahkan untuk berpikir, meeting, berdiskusi, mengontrol dan lain sebagainya. Namun setelah berjalan kira-kira diatas 6 bulan pertama, biasanya semua akan jauh lebih ringan dan akan lebih memudahkan kegiatan operasional perusahaan.
  3. Satu kepala satu pikiran antara manajemen dan konsultan. Kebiasaan yang sering terjadi pada pimpinan perusahaan adalah kebiasaan mereka yang selalu minta semua dikerjakan secara cepat. Padahal sering terjadi bahwa SOP mengharuskan prosedur yang mengharuskan approval dan otorisasi dan sedikit banyak hal tersebut membutuhkan waktu. Terkadang pimpinan sering melakukan by pass dan akhirnya malah mengacaukan SOP itu sendiri. Hal ini lah yang tidak boleh terjadi. Pimpinan / manajemen harus satu kepala dengan  konsultan yang menangani implementasi SOP tersebut. apabila ada perubahan yang ingin dilakukan hendaknya dibicarakan terlebih dulu dengan konsultan tersebut dan dicarikan jalan pemecahannya bersama. Apa yang sudah diinfokan kepada karyawan, juga harus dilakukan dengan komitmen yang tinggi. Maka implementasi SOP tersebut akan berjalan dengan jauh lebih baik.
  4. Berani dan tegas dalam mengambil keputusan dan berani berubah. Hal terakhir yang harus diingat adalah untuk pihak manajemen, biasanya dalam pelaksaan perubahan sistem akan sering terjadi gesekan antara manajemen dan karyawan. Hal itu sudah biasa pasti akan terjadi. Karyawan yang menolak perubahan, biasanya tidak akan suka dan dengan segera memberontak. Terkadang pun mereka pun bisa keluar dikarenakan tidak ingin berubah. Hal inilah yang harus disiapkan oleh pimpinan. Mereka harus siap menghadapi hal-hal seperti ini dan tidak mundur dikarenakan banyak karyawan yang mungkin melakukan tindakan penolakan seperti itu. Malah justru apabila ada yang tidak menolak berubah, karyawan inilah cikal bakal dari karyawan yang bisa diandalkan.

Sekian artikel yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada hal yang ingin didiskusikan perihal sistem, bisnis dan keuangan silakan hubungi kami di 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

 

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?