Kali ini Konsultan Bisnis Madiun ingin membahas bagaimana cara ekspansi melalui afiliasi dengan pihak lain dan bagaimana memaintannya.

Konsultan Bisnis Madiun

Konsultan Bisnis Madiun

Konsultan Bisnis Madiun

Sering kali kami temui banyak perusahaan yang ingin melakukan ekspansi, namun tidak tahu bagaimana caranya. Terkadang mereka hanya berpikiran bahwa melakukan investasi sebesar-besarnya adalah hal terbaik untuk dapat meningkatkan performa perusahaan. Hal tersebut tidaklah salah, namun ternyata hal tersebut bukan juga merupakan cara terbaik dalam melakukan ekspansi dalam suatu perusahaan.

Menurut kami Konsultan Bisnis Madiun, ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk dapat segera berkembang dan melakukan ekspansi. Cara itu adalah melakukan afiliasi dengan beberapa pihak. Namun apakah cara tersebut aman? Jawabannya juga tidak selalu. Nah sekarang bagaimana caranya agar dapat melakukan afiliasi tersebut dengan cara yang aman? Baiklah, mari kita bahas satu persatu.

Pada dasarnya melakukan afiliasi dengan pihak lain harus berdasarkan pada prinsip kepercayaan. Tanpa ada kepercayaan antara dua belah pihak, tentunya proses afiliasi usaha tidak akan dapat dilakukan. Langkah yang pertama, yang bisa dilakukan adalah mencari kandidat yang dapat dipercaya dan dapat diajak melakukan afiliasi. Pastikan pihak tersebut bukan pihak yang bisa mengkhianati kepercayaan anda dan juga pastikan bahwa pihak tersebut capable dibidangnya. Jangan melakukan afiliasi apabila pihak tersebut hanya setengah-setengah saja kemampuannya, atau malah hanya menjadi pengikut anda saja. Tentunya hal itu juga malah menghambat pertumbuhan perusahaan anda dan merugikan anda tentunya.

Lalu setelah menemukan pihak yang tepat, segera komposisikan bentuk afiliasi yang ingin anda buat dan bisa menguntungkan untuk semua pihak. Komposisi afiliasi tersebut sebaiknya tertulis dan jelas mengenai syarat dan kondisi yang terkait. Apabila memungkinkan, bisa dilakukan didepan notaris dan dilegalkan secara hukum. Lalu tentukan persyaratan modal yang harus disetor, pembagian deviden dan pembagian tugas dan wewenang masing-masing. Hal itu dilakukan supaya keesokan harinya pihak-pihak yang terkait tidak mendapatkan pertengkaran diakibatkan persoalan yang tidak jelas.

Pupuklah kepercayaan dan jangan saling menyalahkan. Karena pada dasarnya kepercayaan itu tidak hanya muncul begitu saja, namun harus dipupuk. Maka dari itu sebaiknya apabila anda ingin melakukan afiliasi, baiknya kepercayaan dengan pihak lain harus dipupuk secara perlahan dan tumbuhkan secara konsisten. Apabila kepercayaan sudah tumbuh dengan subur, pastinya anda akan lebih semangat dalam melakukan afiliasi yang lain.

Jangan melanggar rule of the game dari perjanjian yang sudah dibangun. Berikan kepercayaan kepada rekan anda dalam melakukan tugas yang sudah menjadi tanggungjawabnya. Jangan mengambil hak dan kewajibannya, yang mana hal itu akan sering menyebabkan terjadinya perselisihan antara anda dan rekan afiliasi anda.

Sekian artikel ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Apabila ada yang ingin anda tanyakan ataupun anda ingin mengajukan afiliasi dengan perusahaan kami, silakan hubungi kami di 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?