Kali ini kami Konsultan Pembukuan Depok ingin membahas perihal pengakuan pendapatan menurut PSAK no 23.

Konsultan Pembukuan Depok

Konsultan Pembukuan Depok

Konsultan Pembukuan Depok

Mungkin anda sudah sering mendengar ”Pendapatan”. Pendapatan secara harfiah merupakan penghasilan yang timbul dari aktivitas perusahaan yang biasa dan dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan, penjualan jasa (fee), bunga, dividen, royalti, dan sewa. Pendapatan merupakan hal yang sangat penting, karena pendapatan itu yang menjadi objek atas kegiatan perusahaan. Bagi kita yang melakukan suatu entitas bisnis mungkin pendapatan adalah hal yang paling diutamakan dan sangat menjadi concern karena yang menentukan untung atau ruginya bisnis kita adalah besarnya jumlah pendapatan yang diperoleh.

Menurut kami Konsultan Pembukuan Depok, ternyata pendapatan telah diatur dalam PSAK no 23 dimana dalam PSAK ini diatur mengenai definisi serta pengakuan pendapatan yang dilaporkan dalam setiap laporan keuangan. Definisi pendapatan menurut PSAK no 23 adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama satu periode jika arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal. Pendapatan hanya meliputi arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang diterima dan dapat diterima oleh entitas untuk dirinya sendiri.

Demikian juga dalam hubungan keagenan, arus masuk bruto manfaat ekonomi meliputi jumlah yang ditagih atas nama principal yang tidak mengakibatkan kenaikan entitas ekuitas. Pengukuran pendapatan diukur dengan nilai wajar imbalan yang diterima atau dapat diterima. Jumlah pendapatan yang timbul dari transasksi biasanya ditentukan oleh persetujuan antara entitas dan pembeli atau penggunaan aset tersebut. Secara umum jumlah pendapatan sama dengan jumlah kas atau setara kas yang diterima atau yang dapat diterima. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika arus masuk dari kas atau setara kas ditangguhkan maka akibatnya jumlah pendapatan tidak aakan sama dengan jumlah kas atau setara kas yang diterima. Pendapatan dari penjualan barang diakui jika memenuhi syarat berikut ini:

  1. Entitas telah memindahkan resiko dan manfaaat kepemilikan barang secara signifikan kepada pembeli.
  2. Entitas tidak lagi melanjutkan pengelolaan yang biasanya terkait dengan kepemilikan atas barang ataupun melakukan pengendalaian efektif atas barang yang dijual.
  3. Jumlah pendapatan tersebut dapat diukur dengan andal.
  4. Kemungkinan besar manfaat ekonomi yang terkait dengan transaski tersebut akan mengalir kepada entitas tersebut.
  5. Biaya yang terjadi atau akan terjadi sehubungan transaksi penjualan tersebut dapat diukur dengan andal.

Pendapatan diakui dalam periode akuntansi pada saat jasa ditunaikan dimana pengakuan atas dasar ini memberikan informasi yang berguna mengenai tingkat kegiatan jasa dan kinerja entitas dalam satu periode. Pendapatan yang timbul dari pengunaaan aset entitas oleh pihak lain yang menghasilkan bunga, royalty, dan deviden diakui atas dasar sebagai berikut:

  1. Bunga diakui menggunakan metode suku bunga efektif seperti yang tercantum dalam PSAK no 55. Jika bunga belum dibayar namun telah diakru (diakui) sebelum pembelian investasi yang berbunga, maka penerimaan bunga kemudian dialokasikan antara periode sebelum pembelian dan sesudah pembelian serta hanya bagian setelah pembelian saja yang diakui sebagai pendapatan.
  2. Royalty diakui atas dasar akrual sesuai dengan substansi perjanjian yang relevan. Royalti diakru (diakui) sesuai dengan syarat perjanjian ya ng relevan dan pendapatan umumnya diakui sesuai dengan dasar tersebut kecuali dengan memperhatikan perjanjian maka akan lebih sesuai untuk mengakui pendapatan atas dasar sistematik dan rasional yang lain.
  3. Deviden diakui jika hak pemegang saham untuk menerima pembayaran ditetapkan.

Sekian artikel ini dibahas, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?