Konsultan Pajak Semarang kali ini ingin membahas indikasi pemeriksaan yang akan dilakukan oleh fiskus pajak kepada Wajib Pajak (WP) Badan.

Konsultan Pajak Semarang

Konsultan Pajak Semarang

Konsultan Pajak Semarang

Pada intinya pihak fiskus pajak akan melakukan pemeriksaan dikarenakan ada indikasi penyelewengan pajak yang dibayar oleh Wajib Pajak (WP). Misalkan seorang WP memiliki tambahan harta sebanyak 1 Milyar, namun ternyata penghasilan yang dimiliki hanyalah 100 Juta, maka pihak fiskus pajak akan segera menanyakan kepada WP melalui surat, sumber dana untuk pembelian harta tersebut berasal dari mana. Ataupun terkadang WP tidak melakukan pembayaran ataupun pelaporan pajak dengan periode yang cukup lama. Apabila pihak fiskus menemukan hal tersebut, maka fiskus akan segera mengirimkan surat untuk melakukan penghimbauan agar WP melaporkan serta membayar pajak yang masih terhutang.

Banyak yang bertanya kepada kami Konsultan Pajak Semarang, apakah apabila kami rugi pasti diperiksa oleh kantor pajak? (menurut mereka hal tersebut adalah hal yang menyusahkan, karena harus memberikan data, klarifkasi dan sebagainya). Menurut kami apabila perusahaan mengalami kerugian, belum tentu fiskus akan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya terkait dengan lebih bayar pajak yang dilakukan. Karena pada dasarnya setiap bulan wajib pajak selalu menyetor PPh pasal 25, yang mana merupakan uang muka pajak yang ada.

Uang muka pajak ini dibayarkan setiap bulan dan selama 12 bulan, maka apabila pada akhir tahun ternyata perusahaan mengalami kerugian, maka otomatis pembayaran pajak setiap bulannya akan berlebih dan akhirnya menurut peraturan yang berlaku, apabila kelebihan bayar yang ada harus dilakukan pengembalian kepada wajib pajak atau restitusi dan tentunya hal tersebut harus dilakukan pemeriksaan.

Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan memberikan wawasan yang cukup kepada para pembaca. Apabila ada yang masih kurang dimengerti dan anda ingin mengkonsultasikan permasalahan pajak anda kepada kami silakan hubungi kami di 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?