Kali ini Konsultan Bisnis Manado ingin membahas perihal beberapa karakter yang biasanya dimiliki oleh karyawan didalam perusahaan anda.

Konsultan Bisnis Manado

Konsultan Bisnis Manado

Konsultan Bisnis Manado

Biasanya karyawan yang direkrut oleh perusahaan hanya dilakukan berdasarkan referensi, ataupun karena “kelihatannya” orangnya baik ataupun hal yang lain. Namun ternyata karakter yang dimiliki oleh karyawan dan penempatan karyawan tersebut sangatlah berdampak pada kemajuan perusahaan secara signifikan.

Menurut kami Konsultan Bisnis Manado berdasarkan berbagai sumber buku yang kami baca, ternyata ada 4 karakter mendasar yang dimiliki oleh manusia. Karakter tersebut adalah Kolerik, Sanguin, Plegmatis dan Melankolis. Setiap karakter ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Coba kita kupas satu persatu.

Kolerik

Karakter kolerik biasanya tipikal pemimpin dan selalu dapat memimpin orang yang ada didekatnya. Karakter orang ini biasanya dominan dan tidak mau kalah, atau bisa dikatakan selalu berusaha agar bisa menang. Karakter yang optimis inilah yang menciptakan orang ini selalu berada didepan dari pada rekan-rekan dengan karakter yang lain. Namun sifat dari karakter ini dikarenakan sifat yang dominan, terkadang orang dengan karakter ini cukup egois dan susah diatur. Posisi yang cocok untuk karakter ini biasanya sebagai supervisor, kordinator, manager, GM.

Sanguin

Karakter sanguin biasanya tampak dari kecerian dan keributan yang ada disekitar orang sanguin ini. Biasanya orang sanguine orangnya sangat supel, ramah dan ramai. Sehingga apabila dia sedang berbicara sering sekali tampak ramai dan banyak orang yang mengerumuninya. Orang sanguin sangat senang menjadi pusat perhatian dari teman-teman disekitarnya, dia cenderung banyak bercerita dan berbicara dari pada rekan-rekan yang lain. Terkadang sering sekali karena dia pandai berbicara, banyak orang yang terpengaruh dan mengikuti cara berpikirnya. Namun ternyata ada sisi kelemahan yang dimiliki oleh orang sanguin ini. Karakter sanguin biasanya adalah orang yang sering mengobral janji, namun sering juga lupa atas janji yang dia buat. Tak jarang juga karena sifatnya yang pelupa, hal-hal yang detail dia lupakan. Seperti tanggal lahir pasangan, tanggal lahir anak, tanggal pertama bekerja dan sebagainya. Posisi yang cocok untuk karakter ini biasanya sebagai marketing, sales, customer services, public relation.

Plegmatis

Karakter plegmatis biasanya tampak dari kesabaran yang ada pada orang ini. Plegmatis cenderung tidak bisa marah dan diam. Jarang sekali akan anda jumpai bahwa karakter ini akan marah ditempat umum, dia cenderung sabar dan memendam perasaannya. Apabila karakter plegmatis ini digabungkan dengan karakter kolerik biasanya akan ditemukan seorang pemimpin yang sabar dan demokratis. Biasanya karakter plegmatis sangat susah sekali bergaul dengan orang baru, namun apabila sudah bergaul, maka dia akan jadi setia kawan terhadap orang tersebut. Kelemahan dari orang ini adalah apabila dia sudah membuat keputusan, entah keputusan ini salah atau tidak dan meskipun sudah banyak orang yang memberikan saran atau masukkan tetap saja tidak akan didengar dan keputusannya tidak akan berubah. Posisi yang cocok untuk karakter ini biasanya sebagai customer service, administrasi, sekretaris.

Melankolis

Karakter melankolis biasanya tampak dari kerapiannya dan keteraturannya. Biasanya orang melankolis akan tampak pada saat hadir pertama kali interview kerja dengan segala kerapiannya, ataupun pada saat menata meja kerjanya yang sangat rapi dan barang-barang yang ada seakan sudah ada letaknya masing-masing. Karakter melankolis ini sangat cocok untuk melakukan pengaturan ataupun planning terhadap suatu proyek dan hal-hal lain yang membutuhkan schedule dan rencana yang matang. Karena biasanya karakter melankolis adalah orang yang detail, jadi biasanya tidak terlalu merepotkan bagi mereka untuk melakukan perencanaan yang terschedule. Namun apabila ada jadwal yang dirubah-rubah, itulah yang menjadi kesulitan bagi karakter melankolis. Mereka sukar sekali mengikuti pola yang berubah-ubah dan dinamis. Posisi yang paling cocok untuk karakter ini biasanya sebagai internal audit, accounting, planner, arsitek.

Sekian keempat karakter yang ada pada manusia kami jelaskan melalui artikel ini. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada yang kurang jelas mengenai artikel ini dan ingin didiskusikan silakan hubungi kami di 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?