Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN KEUANGAN JAKARTA akan membahas artikel tentang Tips Mengelola Piutang

Tips Mengelola Piutang

Untuk menarik minat pelanggan supaya memakai produk atau jasa perusahaan kita, banyak cara yang ditempuh oleh perusahaan minat hati pelanggan dimulai dari jasa pengiriman yang gratis sampai barang tiba di tempat atau toko pelanggan, memberikan garansi yang lebih panjang untuk produk dan jasa sampai dengan kelonggaran dalam pembayaran. Kelonggaran pembayaran ini erat kaitannya dengan naik turunnya piutang. Semakin panjang tempo pembayaran piutang pelanggan, maka semakin besar pula kenaikan piutang yang perusahaan hadapi. Tentu resiko likuiditas akan semakin tinggi dan berdampak pada cash flow yang berakibat operasional perusahaan akan terganggu. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh perusahaan supaya dapat menghindari resiko piutang tak tertagih dengan cara mengelola piutang dengan baik.

  1. Jangan tagih piutang ketika sudah jatuh tempo, tagihlah piutang sebelum jatuh tempo.

Ketika perusahaan menagih piutang sebelum jatuh tempo, mungkin pelanggan akan merasa kesal karena hutang mereka belum jatuh tempo sudah ditagih oleh perusahaan dan kemungkinan akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan tidak komit dengan termin yang sudah mereka buat. Maksud menagih sebelum jatuh tempo disini bukan mengejar-ngejar pelanggan supaya segera bayar akan tetapi lebih pada mengingatkan atau memberitahukan bahwa pelanggan tersebut memiliki piutang yang akan jatuh tempo. Dengan memberitahukan atau mengingatkan piutang, pelanggan akan lebih sadar dan dapat mempersiapkan alokasi dana untuk melunasi piutang tersebut. Paling tidak, pelanggan sudah merencanakan pembayaran. Bahkan dibanyak tempat, pelanggan merasa terbantu. Apalagi untuk tipe pelanggan yang supersibuk yang tidak sempat mengatur keuangannya. Dengan adanya pemberitahuan ini, mereka jadi ingat bahwa mereka memiliki kewajiban yang akan jatuh tempo.

  1. Buat klasifikasi pelanggan loyal dan pelanggan kurang loyal.

Pelanggan loyal ini artinya pelanggan yang selalu membayar piutang jatuh tempo tepat waktu bahwan sebelum jatuh tempo. Pengklasifikasian ini berguna supaya perusahaan dapat menganalisis piutang-piutang mana saja yang beresiko sehingga dijadikan prioritas penagihan. Selain itu perusahaan dapat mengantisipasi jikalau ada pelanggan yang terdapat tanda-tanda tidak tertagih dengan tindakan lebih lanjut. Bahkan pengklasifikasian ini dapat dijadikan dasar pemberian diskon supaya pelanggan mau membayar piutang lebih awal.

  1. Buat program untuk memotivasi pelanggan supaya membayar lebih cepat.

Cara ini sedikit mengeluarkan biaya. Namun cara ini tidak akan sebanding dengan kerugian perusahaan jikalau terdapat piutang tak tertagih. Cara ini efektif untuk memotivasi pelanggan supaya membayar tepat waktu. Pelanggan akan termotivasi untuk mendapat hadiah toh kewajiban mereka juga untuk membayar piutang, jadi menurut mereka menjadi nilai lebih. Perhitungkan dengan cermat biaya yang akan dikeluarkan untuk program tersebut. Jangan sampai membebani perusahaan.

  1. Sediakan karyawan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Penting bagi perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar memperkuat relasi bisnis saling menguntungkan. Menjalin hubungan ini bisa dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung dengan pelanggan baik tatap muka maupun melalui alat telekomunikasi. Karyawan menanyakan kabar, kendala maupun keluhan yang dialami pelanggan dengan produk atau jasa perusahaan. Nah, dengan dilakukan seperti itu, pelanggan akan merasa diperhatikan. Saat pelanggan merasa diperhatikan tentunya mereka akan berusaha membayar kewajiban mereka tepat waktu untuk menjaga kepercayaan yang perusahaan berikan.

Nah, itu lah tips-tips mengelola piutang dengan baik yang didapat dari observasi beberapa hal-hal yang sudah dilakukan banyak perusahaan yang efektif menekan resiko piutang tak tertagih.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Badrut  (D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?