Artikel kali ini, akan dibahas mengenai Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR) muncul karena adanya pertukaran antara perusahaan dengan masyarakat karena perusahaan dituntut untuk  berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. CSR dapat meningkatkan image dan pengaruh perusahaan di mata masyarakat, meningkatkan kemampuan mempertahankan karyawan, dan menurunkan biaya operasional.  Sehhingga muncul pertanyaan bagaimana CSR dapat memberikan manfaat tersebut? Manfaat tersebut dapat diketahui di laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan, sehingga perusahaan harus mengetahui bagaimana mengukur dan membuat laporan CSR agar mendapat manfaat tersebut.

Pengukuran CSR dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Menggunakan penilaian dengan menghitung Opportunity Cost Approach.
  2. Menggunakan daftar kuesioner
  3. Menggunakan hubungan antara kerugian masal dengan permintaan untuk barang perorangan dalam menghitung kerugian masyarakat

Bentuk Pelaporan CSR diungkap di dalam laporan yang disebut Sustainability Reporting. Sustainability Report adalah pelaporan mengenai kebijakan ekonomi, lingkungan dan sosial, pengaruh dan kinerja organisasi dan produknya di dalam konteks pembangunan berkelanjutan (sustainability development). Sustainability Reporting meliputi pelaporan mengenai ekonomi, lingkungan dan pengaruh sosial terhadap kinerja organisasi.

Ada 3 indikator penyajian informasi dalam laporan keuangan Sustainability Report berdasarkan GRI, yaitu profil (Profile), indikator kerja (Performance Indicator), dan pendekatan manajemen (Management Approach). Indikator Kinerja terdiri dari lingkungan, hak asasi manusia, praktik tenaga kerja dan pekerjaan yang layak, masyarakat, tanggung jawab produk, dan ekonomi.

Sekian artikel mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Isnaeni Falidina (EC of D’Consulting Business Consultant)

 

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?