Artikel kali ini, team akan membahas mengenai pilihan yang paling baik antara Ruko, Rumah atau Apartemen?

Ruko, Rumah atau Apartemen?

Ruko, Rumah atau Apartemen?

Ruko, Rumah atau Apartemen?

Banyak orang yang bertanya pada saya, *”pak saya punya uang lebih, dari pada saya depositokan, baiknya saya belikan property apa ya pak?”*….

Lah pertanyaan ini yang tidak bisa langsung dijawab secara pasti, karena kondisi ditiap daerah adalah berbeda dan tidak pasti juga produk property yang bagus disuatu daerah bisa bagus juga didaerah lain.

Pandangan umum yang sering dikemukakan adalah ketika beli property adalah *melihat lokasi dan melihat pengembang/developer*. Namun setelah saya telusuri ke hampir setiap daerah di Indonesia, memang dalam hal kenaikan harga property *ruko menjadi juaranya*… ruko bisa mendapatkan potensi kenaikan harga per tahun antara *10% – 35%* per tahun. Hal tersebut dilihat juga dari lokasi dan lingkungannya… misal ruko tersebut berada di dekat jalan raya, lingkungan mendukung dan memiliki akses parkir yang memadai, tentunya harga ruko tersebut akan cepat sekali naik.

 

Oke kalau penjelasan diatas adalah dari kenaikan harga, lalu bagaimana *kalau kita lihat dari sisi pendapatan sewa*?

Kalau dari pendapatan sewa kita harus bagi kedua kriteria, yaitu property ibu kota dan property di kota provinsi. Kalau di ibu kota provinsi, apartemen bisa dianggap merajai, khusunya kota2 besar seperti jakarta, surabaya dan yogyakarta. Namun untuk kota provinsi saya rasa tetap ruko yang merajai. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena kota besar sudah minim sekali ada tanah lapang, sehingga harga rumah menjadi mahal. Jadi pilihan orang-orang terutama untuk pasangan baru adalah apartemen, yang cukup ekonomis dan simple. Namun kalau dikota provinsi, tanah masih cukup banyak dan tentunya orang akan lebih tertarik untuk mencari landed property.

Untuk pendapatan sewa bisa diperkirakan *antara 3-10% per tahun*, namun hal ini berpengaruh terhadap daerah dan design atas property yang dibangun.  Di Jogja kami pernah memiliki klien yang sangat kreatif, mereka memiliki banyak sekali apartemen yang mana didesign terlebih dulu interiornya agar tampak mewah dan bisa disewakan dengan harga lebih mahal kepada pelanggannya.. hal itu ditambahkan pula dengan beberapa servis yang tidak dimiliki oleh pemilik apartmen yang lain.

Happy investing….

Selamat pagi dan salam sukses!

source : http://koran.bisnis.com/read/20170610/449/661087/rumah-tinggal-tangerang-masih-jadi-pilihan

Sekian artikel mengenai tahapan Ruko, rumah atau apartemen? ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Play store : business consultant

Created by : Dedy Sidarta (CEO of D’Consulting Business Consultant)

 

 

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?