Pada kesempatan kali kami KONSULTAN BISNIS JAKARTA akan membahas artikel tentang Program Akuntansi

Program Akuntansi

Accurate, Zahir, Sevensoft, Tally, Bee Accounting, Nexus Distribution merupakan salah program akuntansi yang sering di pergunakan oleh beberapa perusahaan – perusahaan besar. Namun seiring berjalannya waktu , dengan mewabahnya usaha kuliner yang ada di era sekarang ini mengharuskan para pelaku usaha kuliner harus bermigrasi dari pembukuan manual ke program.

Adanya software akuntansi yang diperuntukkan untuk segala kegiatan bisnis merupakan salah satu solusi untuk penggunaan teknologi yang mungkin akan dapat dipergunakan dalam mengatur segala hal tentang pembukuan dari keuangan bisnis Kita.

Penggunaan teknologi yang mungkin akan mampu untuk diaplikasikan oleh kebanyakan para pebisnis kuliner adalah dengan menggunakan software pendukung yang nantinya akan semakin memudahkan dalam hal penyusunan laporan keuangan dari suatu bisnis. Salah satu penyebab utama dari runtuhnya suatu bisnis adalah karena tidak adanya suatu sistem penunjang dalam hal pembukuan yang sangat memadai untuk internal organisasi dari bisnis. adanya Sebuah laporan keuangan merupakan sebuah alarm untuk para pelaku bisnis agar dapat segera untuk mengambil tindakan saat kondisi keuangan bisnis sedang dalam masa-masa kritis dan membutuhkan pertolongan.

Lalu sekarang tindakan apa saja yang seharusnya Kita persiapkan sebelum akan mengimplementasikan secara penuh dari penggunaan software akuntansi dengan lebih maksimal?

  1. Mempersiapkan Data-Data Penting Dari Bisnis Kuliner Kita.

Hal pertama yang harus Kita lakukan adalah mempersiapkan semua data-data bisnis Kita. Data-data yang harus dipersiapkan sudah harus termasuk :

  • Data Para Pelanggan.
  • Data Para Supplier.
  • Data Hutang Dagang.
  • Data Piutang Penjualan.
  • Data Aktiva.

Semua data tersebut memang sangat diperlukan agar dapat mempermudah dalam proses penggunaan saat menjelang masa transisi dari penggunaan sistem pembukuan yang bersifat manual untuk menjadi sistem yang sudah mulai terkomputerasi dengan adanya software akuntansi yang memang sengaja disediakan untuk bisnis.

  1. Persiapan Sumber Daya Manusia.

Mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya akan memegang kendali dan peranan penting terhadap proses pengimplementasian dari software akuntansi pembukuan bisnis, terutamanya adalah pada bisnis kuliner Kita. Dengan adanya dukungan dari tenaga-tenaga support yang lebih hkital dan para trainer-trainer profesional  yang nantinya akan melakukan pelatihan-pelatihan dari para penyedia software akuntansi yang nantinya akan digunakan, kendala utama pada saat proses mengoperasionalkan software akan bisa diminimalisir.

  1. Mempersiapkan Hardware yang Lebih Kompatibel.

Dalam memaksimalkan segala fitur yang telah tersedia terhadap software akuntansi tersebut, maka dukungan hardware yang lebih kompatibel dan sesuai dengan perkembangan teknologi merupakan sebuah nilai tambah bagi bisnis Kita, selain tidak perlu untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk dana dalam pembelian hardware terbaru. Dan proses pemasangan software akuntansi yang dipilih pun dapat berjalan dengan lancar dan bisa dengan segera untuk dipergunakan dalam memenuhi kepentingan bisnis yang saat ini sedang Kita jalankan.

  1. Luangkan waktu untuk pendampingan dan pelatihan program

 

Dalam menerima hal baru tentunya kita harus melakukan pembelajaran dan pemahaman dulu mengenai program tersebut dan bagaimana cara kerjanya. Sehingga kita harus bisa meluangkan waktu dalam melakukan pembelajaran dan pelatihan agar nantinya bisa maksimal dalam menggunakan program tersebut

Dengan memaksimalkan penggunaan software akuntansi yang nantinya akan dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan bisnis Kita, sehingga akan membuat Kita dapat lebih fokus pada perkembangan bisnis kuliner yang sedang Kita jalankan saat ini. Untuk bagi para pelaku bisnis yang baru terjun ataupun baru terjun di dunia bisnis yang mana pembukuannya akan dibuat secara komputerisasi, sangatlah diperlukan adanya penggunaan dari program tersebut dan jangan pernah ragu dalam menggunakan program tersebut.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : RIO  (EC Of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?