Evaluasi SOP Mutlak Diperlukan akan menjadi topik yang akan dibahas pada artikel kali ini

Evaluasi SOP Mutlak Diperlukan

Evaluasi SOP Mutlak Diperlukan

Evaluasi SOP Mutlak Diperlukan

Untuk mencukupi kebutuhan hidup tentunya semua orang harus bekerja. Bekerja merupakan rutinitas seseorang yang banyak menyita waktu. Lebih dari sepertiga hari sebagian besar orang menggunakan waktunya untuk bekerja demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tetapi apakah setiap beban pekerjaan yang diterima setiap orang dapat membuat orang tersebut mampu untuk melaksanakannya dengan baik dan maksimal ?. Sebagian besar penelitian medis yang dilakukan oleh para ahli mengungkapkan stres akibat beban kerja yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan kemampuan kinerja secara signifikan dan tentunya akan berakibat pada kurang maksimalnya kinerja perusahaan yang diakibatkan dari penurunan kinerja dari karyawan-karyawan perusahaan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan sangat menginginkan untuk menekan biaya operasional sekecil mungkin agar menghasilkan benefit yang sebesar besarnya. Tetapi yang jadi pertanyaan apakah cara yang dilakukan perusahaan untuk menekan biaya operasional  sudah benar-benar  efektif untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan atau malah mengakibatkan permasalahan yang besar yang akan terjadi di kemudian hari jika perusahaan salah menerapkan kebijakan perusahaan. Banyak sekali kasus perusahaan yang salah memperhitungkan beban kerja yang diberikan kepada karyawanya sehingga mengakibatkan karyawan tersebut tidak malah memberikan efek yang baik bagi perusahaan tetapi justru secara perlahan kinerja dari karyawan tersebut menurun, dan berakibat pada menurunnya kinerja perusahaan.

Untuk itu perusahaan harus sangat bijak dan sangat berhati-hati dalam melakukakn pembagian kerja kepada karyawannya. Ada beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Evaluasi  SOP mutlak diperlukan bagi perusahaan yang telah berjalan lama. Cara yang dilakukan untuk evaluasi SOP ini terbagi dalam beberapa tahapan.

  1. Yang pertama adalah perusahaan harus membentuk tim untuk evaluasi SOP. Tim ini harus dibentuk secara khusus hanya untuk melakukan evaluasi SOP, jadi harus dibedakan orangnya, bukan berasal dari karyawan yang sudah ada lalu ditambah dengan tugas baru.
  2.  Pembagian tugas kerja pada tim evaluasi SOP. Pembagian tugas ini juga sangat penting untuk keberhasilan evaluasi. Pembagian ini dapat dilakukan dengan membagi pada setiap departemen atau pada bagian2 perusahaan tertentu.
  3. Dokumentasi kegiatan evaluasi. Untuk tahapan ini kita dapat mendokumentasikan setiap kegiatan dari tim evaluasi. Dokumentasi ini bertujuan untuk nantinya temuan temuan tim evaluasi dapat dijadikan pedoman evaluasi SOP
  4. Menyusun alur kerja dari Tim evaluasi. Alur kerja ini juga sangat penting untuk kegiatan tim evaluasi, agar tim memiliki pedoman kerja dalam melaksanakan tujuan utamanya dibentuk

Sekian artikel mengenai evaluasi SOP ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Havid Nugroho (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?