Kali ini Konsultan Sistem Pontianak ingin membahas sedikit tentang perlakuan stock opname yang tepat pada perusahaan retail.

Konsultan Sistem Pontianak

Konsultan Sistem Pontianak

Konsultan Sistem Pontianak

Pada dasarnya kegiatan operasional, khususnya kegiatan penjualan untuk perusahaan retail sangat sulit sekali apabila dihentikan. Dikarenakan tombak utama untuk bisnis retail adalah penjualan yang banyak dan terus menerus, apabila kegiatan penjualan harus dihentikan dikarenakan melakukan stok opname, adalah hal yang berat dilakukan untuk mayoritas pengusaha.

Menurut Konsultan Sistem Pontianak ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tetap dapat melakukan stok opname, namun kegiatan operasional, khususnya penjualan tetap berjalan, antara lain dengan cara:

  • Pada dasarnya untuk melakukan opname dengan kegiatan operasional tetap berjalan, sebaiknya perusahaan sudah memiliki perhitungan kartu stok secara tersistemasi atau bisa dikatakan menggunakan program. Apabila sudah menggunakan program otomatis stok akan terupdate secara otomatis sesuai dengan kegiatan pembelian ataupun penjualan yang ada.
  • Pastikan bahwa barang yang dijual maupun yang ada digudang sudah ditempelkan dengan barcode yang sesuai dan dapat dibaca melalui scanner barcode.
  • Lakukan penataan barang secara teratur dan tertata dengan baik di rak. Pastikan setiap lokasi selalu diisi dengan barang yang serupa  dan tidak tertindih dengan barang yang lain. Pastikan juga lokasi untuk menata stok memungkinkan untuk tetap dilakukannya perhitungan.
  • Opname untuk perusahaan retail sebaiknya dilakukan secara berkala. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan opname per rak dan menggunakan tools berupa barcode scanner. Sebaiknya opname ini dapat dilakukan pagi-pagi sekali sebelum jam operasional kantor dimulai. Stok opname dilakukan dengan terjadwal per rak. Ketika stok opname dilakukan, gunakan scanner barcode dan bacalah barcode per barang secara cermat. Lalu setelah melakukan perhitungan per rak usahakan langsung lakukan perhitungan selisih stoknya dan berilah tanda bahwa rak tersebut sudah dihitung. Baru dilakukan perhitungan dirak lainnya. Hal ini dilakukan karena posisi operasional perusahaan tetap berjalan. Biasanya pada saat perhitungan, terkadang masih ada customer yang melakukan pembelian terhadap barang tersebut. Catatlah pengambilan customer tersebut, lalu bisa dilakukan perhitungan ulang pada saat melakukan penyesuaian stok tersebut.
  • Terkadang untuk perusahaan yang belum memiliki barcode scanner ataupun juga barang didalam gudang besar yang mungkin belum terbarcode, dapat menghitung secara full stok. Namun dengan syarat bahwa mereka memiliki gudang lain, ataupun dapat mengalihkan hari untuk pengiriman barang. khusus untuk gudang besar biasanya pengiriman dapat ditunda kehari berikutnya dan secara otomatis penghitungan stok digudang besar dapat dilakukan secara full.

Biasanya dengan kelima hal diatas stok opname untuk perusahaan retail yang sedang beroperasi dapat dilakukan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?