Di kesempatan kali ini, kami akan mengangkat topik mengenai manajemen resiko keuangan yang mana akan sangat penting diketahui oleh para investor

Management Resiko Keuangan

Management Resiko Keuangan

Manajemen Resiko Keuangan

Bagi investor yang menanamkan modalnya untuk usaha atau di pasar keuangan tentu sangat mengenal resiko keuangan dan mereka akan berpikir untuk meminimalkan resiko terburuk yang akan mereka hadapi. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang resiko, ada baiknya jika kita bahas sedikit tentang definisi resiko. Resiko dapat didefinisikan sebagai kemungkinan atau probabilitas bahwa kualitas sebuah aset akan berubah. Dengan kata lain, manajemen resiko keuangan adalah kemungkinan bahwa sebagian atau seluruh urusan keuangan yang akan memburuk. Berbicara resiko keuangan sebagai contoh kecil saat seseorang memiliki satu lotre seharga 10 dolar, kemudian lotre tersebut bermaksud akan dijual. Tentunya seseorang yang ingin membeli akan memikirkan tingkat probabilitas dari tiket tersebut, asumsikan saja jika tingkat probabilitas 1:1.000.000, berarti 1 tiket lotre tersebut harus mengalahkan 1 juta tiket lotre yang lain. Tentunya jika tingkat probabilitas seperti itu, pembeli tidak akan membeli tiket tersebut sebesar 10 dolar. Mereka akan membeli tiket dengan nilai dibawah 10 dolar. Berbeda halnya jika tiket lotre tersebut memiliki tingkat probabilitas 100 persen tentu harga tiket tersebut akan bernilai jauh dari harga aslinya. Tiket semacam ini mengalami peningkatan nilai (improvement), lawan dari penurunan nilai (impairment). Dalam dunia keuangan, kita mengatakan bahwa kualitas tiket ini telah berubah, dan karena perubahan yang terjadi adalah menuju kondisi yang lebih baik, maka arus kas yang dapat diharapkan dari tiket tersebut juga meningkat.  Jadi risiko terdiri dari kemungkinan penurunan nilai ditambah dengan ukuran dari kemungkinan penurunan nilai tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa resiko keuangan ini berkaitan erat dengan sifat manusia. Meski kita memahami statistik dan matematika tingkat atas, mengabaikan elemen manusia akan menyebabkan kegagalan dalam pengelolaan resiko keuangan. Angka-angka yang muncul dengan meyakinkan dalam laporan-laporan dan akun-akun perusahaan atau dalam data statistik pemerintah mengenai ekonomi sebagian besarnya adalah tebakan, tidak lebih. Karena memang dengan cara itulah mereka dihasilkan. Pertanyaannya adalah bagaimana mengelola resiko supaya dapat menghindari kemungkinan terburuk yang akan sangat mempengaruhi keuangan anda. Pertama, pahami kondisi pribadi anda dan tetapkan batas kerugian yang ingin anda hindari. Titik awal dalam memikirkan risiko keuangan adalah mengetahui seberapa besar kerugian yang masih sanggup anda terima, tentunya berapa besar kerugian yang ingin anda hindari. Yang kedua, mengidentifikasi dan menelaah risiko dalam aset dan kewajiban keuangan anda saat ini. Setelah memahami kondisi Anda, langkah berikutnya dalam menganalisis risiko adalah memahami risiko keuangan Anda yang mencakup portofolio investasi dan aset-aset keuangan non-investasi Anda. Ketiga adalah mengidentifikasi risiko adalah persepsi dan pengalaman. Setelah meluangkan waktu seluruh hal diatas ke selembar kertas, sekarang menjadi mudah mengatakan bahwa anda harus mengidentifikasi risiko. Salah kesulitan kita terbesar kita adalah melihat sesuatu yang tidak terlihat sebelumnya. Keempat, fokus pada risiko dalam keputusan yang anda buat. Langkah terakhir adalah memusatkan perhatian pada investasi atau keputusan keuangan lain yang sedang Anda pertimbangkan, bila memang ada.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh investor atau pengguna untuk menghindari resiko keuangan terburuk. Investor dapat menganalisis intrumen-intrumen investasi apa saja yang baik dengan tingkat profitabilitas yang tinggi. Namun, dalam istilah ekonomi “ high risk high return”, yang memiliki arti jika ingin resiko yang dihadapi semakin besar, maka keuntungan yang akan didapat juga akan semakin besar. Jadi semua tinggal kembali kepada keinginan investor.

Sekian artikel mengenai cara membaca laporan keuangan yang kami bahas, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3100 8700

Created by : Badrut Tamam (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?