Ketemu lagi dengan kami KONSULTAN MANAJEMEN JAKARTA yang pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikle tentang Kontrol Penggunaan Aset dan Memaksimalkan Laba

Kontrol Penggunaan Aset dan Memaksimalkan Laba

Aset dalam artian akuntansi adalah sumber daya atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu kuantitas yang berwujud seperti tanah , bangunan, perlengkapan ataupun yang tidak berwujud seperti saham saham, hak cipta dan merek. Aset merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan yang harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan, sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan.

Manajamen aset merupakan seseorang yang dapat menganalisa potensi-potensi dari aset yang bersangkutan diperusahaan. Manajemen aset meliputi dari kas, piutang, persediaan, inventaris dan goodwill dimana disini manajemen aset akan dapat mengatur dan memonitor dalam proses mengakuisisi, memelihara, memperbaharui bentuk nominal aset yang sesuai dengan kondisi perusahaan agar tujuan perusahaan terpenuhi.

Banyak kasus yang dimulai dari salah pengelolaan masalah aset, sehingga berdampak kerugian yang tidak sedikit. Sebagai contoh optimalisasi aset sebagai sarana bisnis tidak bisa dilakukan secara maksimal karena tidak teridentifikasi dengan jelas, sehingga akan tidak mudah untuk mengetahui apakah suatu aset sudah tepat dengan fisik ataupun tidak tepat dengan fisik.

Tujuan manajemen secara umum adalah untuk mengambil keputusan yang tepat agar aset yang dikelola berfungsi secara efektif dan efisien, beberapa tujuan dari manajemen aset adalah :

  1. Meminimalisir biaya selama umur aset bersangkutan
  2. Memaksimalkan profit atau laba
  3. Mengoptimalkan penggunaan serta pemanfaatan aset yang tersedia

Manfaat manajemen aset:

  1. Menjaga Nilai Aset

perusahaan dapat menjaga nilai aset yang dimiliki tetap tinggi, memiliki usia yang lebih panjang, serta menghindari kerusakan terhadap aset yang bisa menyebabkan turunnya nilai jual.

  1. Memonitor Penyusutan Aset

Penyusutan merupakan salah satu risiko atas penggunaan aset tetap, di mana aset akan mengalami penyusutan, mulai dari penyusutan fungsi hingga nilai. Namun, dengan adanya manajemen aset, perusahaan akan lebih mudah melakukan pemonitoran terhadap penyusutan.

  1. Mempermudah Pembuatan Anggaran

perusahaan akan lebih mudah membuat perencanaan yang menyangkut pendanaan aset seperti dana untuk pembelian atau konstruksi, pemeliharaan, hingga dana untuk memperpanjang usia dan menghapus aset perusahaan.

  1. Menghindari Pembelian Berlebih

Dengan menerapkan manajemen aset, perusahaan dapat lebih mudah mengontrol aset dengan baik sehingga dapat menghindari pembelian yang tidak perlu. Tanpa adanya manajemen aset, perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menentukan priorotas untuk penyediaan barang.

  1. Menciptakan Manajemen Resiko

Manajemen risiko adalah metode pengelolaan ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman, seperti penilaian risiko. Hal ini sangat penting karena dapat menciptakan kesadaran perusahaan tentang adanya bahaya dan risiko dari aset yang mereka miliki. Dengan adanya manajemen aset, perusahaan dapat mengurangi risiko dengan menambah langkah pengendalian yang diperlukan serta membuat langkah untuk pencegahan.

  1. Meningkatkan Keamanan

Dengan menerapkan aset manajemen, aset yang dimiliki perusahaan akan tersimpan dengan baik sejak pertama hingga akhir. Hal ini dapat mengurangi risiko kehilangan aset perusahaan.

Apabila pemanfaatan aset sudah dilakukan optimal, maka dalam penayjian laporan laba rugi perusahaan akan lebih akurat karena tidak ada selisih dari persediaan, umur manfaat barang sudah baik dan harga pokok penjualan dari persediaan sudah update sesuai dengan kebijakan metode perusahaan.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Alif Pambudi  (D’Consulting Business Consultant)

 

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?