Kali ini kami Konsultan SOP Kupang ingin memberikan sedikit tips bagaimana cara menerima barang yang benar sesuai dengan standard SOP.

Konsultan SOP Kupang

Konsultan SOP Kupang

Konsultan SOP Kupang

Apa yang terjadi bila proses distribusi tidak diperhatikan proses penerimaan barangnya? Tentu saja anda pasti tahu, bahwa mutasi dan nilai stocknya akan terjadi kekacauan yang luar biasa. Namun itu yang sering terjadi diperusahaan distribusi, bahwa stock yang mereka miliki sering sekali terjadi kecurian dan kehilangan stock yang, mana akhirnya tidak ada yang bisa mempertanggungjawabkannya dan akhirnya menjadi beban kerugian dari perusahaan.

Kali ini Konsultan SOP Kupang ingin berbagi sedikit mengenai bagaimana flow business process yang benar ketika kita menerima barang. Pada saat menerima barang, pastikan proses penerimaan dilakukan oleh bagian Gudang, yang mana bagian ini memang harus benar-benar bertanggungjawab terhadap proses penerimaan barang. Pada saat menerima barang, pastikan bahwa barang yang datang adalah barang yang sesuai dengan dokumen PO. Pastinya bagian gudang harus mendapatkan copy PO dari bagian purchasing.

Tentunya juga ketika menerima barang bagian gudang harus mencocokan antara barang yang datang, copy PO dan tentunya Surat Jalan dari supplier. Apabila cocok, maka bagian gudang harus membuat dokumen penerimaan barang, sebagai bukti barang masuk dan disimpan dalam gudang oleh bagian gudang.

Ketika memasukkan barang, tentunya jangan lupa juga untuk mengupdate kartu stock, yang mana kartu stock tersebut harus ditambah dengan adanya barang masuk tersebut. Dokumen dari penerimaan barang tersebut, juga harus diarsip didalam suatu odner yang mana nantinya dapat sewaktu-waktu diperiksa kembali. Tentunya mengupdate transaksi stock tersebut akan memakan waktu apabila dilakukan secara manual, dalam artian tidak menggunakan program akuntansi. So apabila anda ingin mengefisienkan pekerjaan dari bagian gudang, maka baiknya menggunakan program akuntansi seperti accurate, SAP, dsbnya.

Sekian artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan perihal penggunaan program akuntansi, pembuatan SOP dan sebagainya silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?