Kali ini Konsultan Audit Keuangan Blitar ingin membahas mengenai cara pencegahan kecurangan yang mungkin terjadi ditransaksi penjualan.

Konsultan Audit Keuangan Blitar

Konsultan Audit Keuangan Blitar

Konsultan Audit Keuangan Blitar

Biasanya bagian penjualan merupakan suatu ujung tombak suatu perusahaan untuk mendapatkan omzet. Entah itu dilakukan oleh bagian sales ataupun bagian marketing. Namun ternyata ditransaksi penjualan ini, banyak juga celah yang bisa dimanfaatkan oleh divis-divisi yang terkait dengan transaksi penjualan.

Menurut kami Konsultan Audit Keuangan Blitar, bagian penjualan rawan didaerah pengeluaran barang pada saat melakukan pengiriman barang kepada customer. Hal itu bisa terjadi kecurangan apabila antara bagian gudang barang jadi, bagian ekspedisi dan checker bekerja sama, maka barang dapat dikeluarkan dari gudang tanpa ketahuan oleh siapapun. Hal inilah yang harus dicegah, harus diciptakan sebuah sistem yang mana bisa mengontrol barang keluar atau masuk dari gudang, dan harus ada tanggungjawab yang jelas apabila ternyata terjadi selisih perhitungan atas nilai barang yang ada digudang.

Selain itu transaksi penjualan juga rawan atas penyelewengan nota piutang yang sudah lunas, namun dianggap masih belum lunas. Hal inilah yang terkadang menyebabkan perusahan bisa mengalami kerugian yang besar, dikarenakan bagian penagihan sudah menerima uang dari hasil penagihan dan jumlahnya cukup besar, namun tidak disetorkan kepada bagian keuangan atau pun bank dari perusahaan. So tentu saja hal ini bisa menyebabkan kerugian, apalagi apabila ditambah dengan dibawa larinya uang oleh bagian penagihan dan sama sekali tidak disetorkan kepada perusahaan. So tentunya untuk hal ini sebaiknya dimaksimalkan untuk pembayaran melalui media transfer ataupun yang non tunai. Hal ini bisa mengakibatkan aliran cash flow positif didalam perusahaan dan tentunya akan membuat perusahaan lebih menjalankan proses bisnisnya dengan lebih optimal. Sekian artikel ini kami buat, apabila ada yang ingin dikonsultasikan seputar pelaksanaan audit, silakan hubungi hotline kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?