Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Audit Laporan Keuangan

Audit Laporan Keuangan

Audit Laporan Keuangan

Audit Laporan Keuangan

Dalam materi kali ini, kami akan membahas tentang audit laporan keuangan. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu AUDIT. Audit merupakan proses dalam mengumpulkan dan mengevaluasi bukti – bukti temuan atas transaksi maupun informasi yang didapat dalam proses pemeriksaan agar dapat menentukan apakah transaksi yang terjadi telah sesuai atau transaksi maupun informasi yang ada sesuai dengan apa yang sesungguhnya terjadi.

Mengapa audit diperlukan dalam sebuah perusahaan?

Audit diperlukan bagi perusahaan karena audit dapat membantu sebuah perusahaan untuk tetap bertahan atau mencari tahu dan mencegah kecurangan yang terjadi dalam suatu perusahaan sehingga kecuurangan tersebut dapat segera dicegah maupun diatasi. Selain itu audit dapat digunakan untuk mengevaluasi atau meningkatkan efektivitas pada sebuah perusahaan.

Mengapa audit laporan keuangan penting dilakukan?

Audit laporan keuangan atau lebih sering disebut financial audit merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk menguji keandalan dari transaksi-transaksi keuangan, catatan akuntansi, dan laporan keuangan. Audit laporan keuangan ini penting dilakukan karena, pertama, adanya opnum-opnum tertentu yang dapat melakukan atau membuat transaksi fikstif yang dapat merugikan perusahaan. Kedua itu audit laporan keuangan diperlukan  karena adanya perbedaan kepentingan yang dapat menimbulkan permasalahan antara pembuat laporan keuangan (accounting) dengan para stakeholder. Ketiga, apabila perusahaan ingin mengajukan kredit ataupun investasi, para investor maupun kreditor mengandalkan laporan keuangan yang valid untuk memutuskan pemberian pinjaman atau investasi. Keempat, selain itu dengan dipublikasikannya laporan keuangan yang telah diaudit maka semakin banyaknya calon-calon investor yang semakin yakin dengan kualitas laporan keuangan dan dapat dijadikan sebagai lahan untuk investasi. Kelima, ketika para stakeholder ingin memeriksa laporan keuangan untuk dapat memastikan kesesuaiannya dengan informasi yang sebenarnya, para stakeholder memiliki akses yang terbatas karena adanya kendala waktu, ketelitian, dan tenaga sehingga dibutuhkanlah seorang auditor.

Apa tujuan dilakukannya audit laporan keuangan?

Tujuan dilakukannya audit keuangan adalah dapat mengetahui informasi tentang persediaan, harga yang ditetapkan, total aset perusahaan adalah benar sesuai dengan kejadian atau keadaan yang sebenarnya.

Apa saja yang diaudit dalam melakukan audit laporan keuangan?

Sebelum melakukan audit, perusahaan perlu mempersiapkan data-data yang akan diperiksa. Sehingga dalam mengaudit laporan keuangan, hal-hal yang harus diperiksa antara lain:

  1. Seluruh transaksi-transaksi yang terjadi di perusahaan, yang meliputi transaksi pembelian, penjualan, persediaan, jobcosting, kas dan setara kas, dan transaksi buku besar.
  2. Seluruh dokumen-dokumen yang terkait dengan seluruh transaksi jual beli yang ada di perusahaan maupun dokumen yang terkait dengan alur persediaan dimulai dari bahan baku atau bahan mentah.
  3. Seluruh saldo akhir terkait akun-akun yang terkait dengan jual-beli, mutasi persediaan, kas dan setara kas, dan seluruh saldo akhir yang ada di buku besar secara rinci.
  4. Seluruh aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan.
  5. Kesesuaian dalam perhitungan dan pembayaran pajak.
  6. Apabila terjadi selisih kurs, maka perlu dipastikaan apakah penyesuaian selisih kurs ini sudah benar.

Perusahaan dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya dengan dilakukannya audit secara teratur. Dilakukannya audit, perusahaan juga dapat memperoleh manfaat lain, yaitu meningkkan kredibilitas perusahaan, meningkatkan efisiensi dan kejujuran karyawan, meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, dan mendorong efisiensi pasar modal. Dengan demikian akankah lebih baik bahwa perusahaan melakukan audit untuk memastikan dan memeriksa adanya fraud dan keandalan laporan keuangan yang disiapkan oleh accounting. Audit juga dapat dijadikan sebagai pengendali atas pekerjaan accounting.

Sekian artikel mengenai Audit Laporan Keuangan ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Isnaeni F (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?