Pada artikel ini, akan dibahas mengenai excel untuk laporan keuangan

Excel untuk Laporan Keuangan

Excel untuk Laporan Keuangan

Excel Untuk Laporan Keuangan

Seiring pertumbuhan usaha Indonesia yang terus semakin meningkat maka, dengan peningkatan yang terjadi juga di butuhkan keterampilan pembukuan yang memadai. Pada umumnya banyak pembukuan keuangan di lakukan secara manual yaitu di catat di atas buku dan kertas. Dengan kita hanya mecatat data pada sebuha kertas dan buku ada banyak kelemahan yang akan di alami. Salah satunya adalah kesulitan untuk mengetahui kondisi keuangan usahanya. Mungkin mereka hanya bisa melihat berapa uang yang dikeluarkan dan uang yang di hasilkan dari usahanya. Tapi untuk mengetahui kondisi yang lain mereka akan kesulitan seperti halnya jika mereka mau mengetahui jumlah pengeluaran biaya yang berkaitan dengan usahanya atau yang lebih gampang lagi jika mereka menginginkan laporan dalam mingguan, bulanan atau bahkan tahunan.

Kenapa harus excel untuk laporan keuangan ? Karen excel sudah cukup membantu untuk para pemilik usaha mengelola kondisi keuangannya. Lebih kompleks lagi, perusahaan bisa memilih untuk menggunakan peranti lunak akuntansi yang banyak beredar di pasaran atau yang biasa di kenal dengan program accounting. Pilihan terakhir, perusahaan bisa meminta programmer untuk membuatkan peranti lunak khusus yang pas dengan kegiatan usahanya. Setiap pilihan tersebut memiliki plus dan minusnya sendiri-sendiri. Jika perusahaan memilih mencatat secara manual, kelemahannya adalah sulitnya membuat beragam laporan. Proses penyusunan laporan dapat menjadi pekerjaan yang melelahkan dan tidak efisien (mahal).

Jika perusahaan memilih untuk menggunakan peranti lunak akuntansi tertentu, maka perusahaan harus memiliki SDM yang paham dengan peranti lunak akuntansi tersebut. Terlebih lagi, pada saat set up awal, perusahaan harus benar-benar menguasai peranti lunak tersebut agar proses konversi dari pencatatan manual ke pencatatan dengan peranti lunak akuntansi dapat berjalan dengan mulus. Atau memilih untuk membuat program custem yang dapat di seting secara khas dan pas dengan kegiatan usaha masing-masing. Jika aplikasi terselesaikan dengan baik, maka pilihan ini dapat menjadi pilihan paling ideal. Semua yang penting bisa direkam secara otomatis dan banyak laporan dapat dibuat secara otomatis. Sayangnya, ini pilihan yang juga paling berisiko, apalagi jika programmer dan pengelola perusahaan sama-sama tidak dapat mendefinisikan kebutuhan informasi dengan Perancangan program dapat menjadi proyek jangka panjang yang melelahkan.

Oleh karena itu, Excel dapat menjadi media dasar yang tepat agar kelak suatu saat mudah bagi perusahaan untuk beralih ke software akuntansi yang lebih canggih. Excel merupakan pilihan yang menarik bagi usaha kecil yang mau mulai melakukan pencatatan. Pertama, Excel merupakan peranti lunak yang populer dan mudah didapat. Tambahan lagi, lebih banyak orang yang memahami Excel dibandingkan peranti lunak akuntansi. Terakhir, perusahaan tidak perlu investasi dana besar untuk memanfaatkan Excel sebagai sarana pencatatan data. Dengan Excel, mudah bagi petugas untuk menambah kolom atau menghapus kolom agar apa yang dicatat pos dengan kebutuhan usaha. Dengan demikian, Excel dapat dijadikan media dasar sebelum akhirnya perusahaan beralih ke sistem informasi yang lebih canggih.

Sekian artikel yang kami bahas, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3100 8700

 

Created by : M. Aunurrofiq (EC of D’Consulting Business Consultant)

 

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?