Audit Investigasi Dengan Perpajakan akan menjadi topik yang akan kami bahas pada artikel kali ini

Penerapan Penggunaan Teknologi

Penerapan Penggunaan Teknologi

Audit Investigasi Dengan Perpajakan

Teknik audit investigatif dengan perpajakan terbagi atas 2 metode, yaitu:

  • Net Worth Method

Net worth method bertujuan untuk membuktikan adanya PKP yang belum dilaporkan oleh wajib pajak. Metode ini cukup sederhana dengan membandingkan pendapatan atau kekayaan bersih wajib pajak tahun ini dengan sebelumnya, jika ada pertambahan nilai tersebut namun pajak yang dibayarkan tetap atau berkurang, sudah tentu wajib pajak melakukan tidakan penggelapan pajak. Net worth method juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi seperti kasus penggelapan korupsi, atau organisasi kriminal lainnya.

  • Expenditure Method

Pada dasarnya sama dengan metode net worth method, namun expenditure method lebih mengarah pada wajib pajak yang tidak melaporkan berbagai pengeluarannya yang termasuk barang-barang mewah dan untuk mencegah tindak-tindak kriminal dengan berdasarkan pengeluarannya. Contohnya seperti gaya hidup mewah (membeli mobil mewah, kapal pesiar, dsb namun tidak melaporkan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah), pengeluaran besar-besaran untuk membeli senjata ilegal, pembelian narkoba, dsb.

Sekian artikel mengenai Audit Investigasi Dengan Perpajakan ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Adi Utomo (EC of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?