Artikel kali ini, Konsultan Pembukuan Lampung akan membahas perihal fraud pada transaksi kas diperusahaan dan penanganannya.

Konsultan Pembukuan Lampung

Konsultan Pembukuan Lampung

Konsultan Pembukuan Lampung

Seringkali banyak perusahaan yang tidak berhati-hati dalam melakukan pengontrolan terhadap kas kecil. Selain dikarena jumlah kas tidak banyak dan yang pegang kas kecil adalah orang yang cukup dipercaya oleh pimpinan. Hal ini yang tentunya dapat menjadi triger bagi para pelaku untuk melakukan aksi kecurangan tersebut.

Menurut kami Konsultan Pembukuan Lampung, apabila memang perusahaan menggunakan kas kecil yang mana dipercayakan kepada bagian kasir, maka baiknya tetap melakukan kontrol atas pemakaian tersebut. Dengan cara apa? Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan bukti otentik pada saat menggunakan uang untuk kepentingan perusahaan. Apabila tidak ada bukti otentik berupa nota ataupun yang lain, maka sebaiknya pengeluaran tidak diganti. Cara yang lain adalah dengan melakukan cash opname secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu kepada pemegang kas. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat benar-benar memastikan bahwa penggunaan uang tidak dilakukan dengan sewenang-wenang, dan bagian kasir benar-benar bertanggungjawab atas pemakaian uang tersebut.

Sekian artikel ini kami buat, semoga dapat memberikan sedikit pemahaman kepada para pembaca. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan kepada kami terkait permasalahan accounting dan lain sebagainya, silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?