Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba berbagi pemikiran mengenai Penerapan Penggunaan Teknologi
Penerapan Penggunaan Teknologi

Penerapan Penggunaan Teknologi

Penerapan Penggunaan Teknologi
Pernahkah anda mendapati ketika membayar uang diloket tol namun tidak diberi karcis, ataupun ketika membayar namun uang kembaliannya tidak sesuai yang seharusnya?
Inilah kecurangan-kecurangan yang sering terjadi di PT. Jasa Marga terkait dengan penerimaan uang, dan pastinya saya yakin masih banyak hal lain yang menjadi poin-poin kecurangan yang dilakukan oleh segenap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab didalam perusahaan tersebut.
Hal inilah yang disikapi oleh PT. Jasa Marga dengan baik, yaitu dengan *penerapan penggunaan teknologi dan penerapan sistem cash less!* inilah yang dapat kita contoh sebagai pengusaha, karena jujur saja didalam perusahaan kita, meskipun kelihatannya sehat dan profit, namun mungkin saja terjadi banyak sekali kecurangan yang tidak kita ketahui.
Lalu kenapa kok sampai kita tidak bisa mendeteksi kecurangan tersebut? Karena pada prinsipnya *kecurangan tersebut seringnya dilakukan secara sedikit-sedikit tapi sering*, jadi tidak akan kentara..
Sebagai contoh penggelapan uang parkir sebesar 5.000 per hari. Apa arti 5.000 bagi perusahaan? Mungkin tidak terlihat, namun bila dilakukan selama 20 hari saja, maka nilainya sudah berubah menjadi 100.000 dan bila setahun menjadi 1.200.000 dan bila dilakukan oleh 5 orang saja dalam perusahaan, kecurangan sudah terjadi sekitar 6.000.000 setahun. Itu baru parkir, belum yang lain!
Maka itu tepat sekali, bagaimana pengusaha bisa penggunaan teknologi diperusahaan, sebagai contoh *menggunakan program akuntansi sebagai pengganti laporan keuangan excel*, ataupun menggunakan *mobil aps sebagai pengganti katalog produk ataupun company profile*, menggunakan *finger print sebagai pengganti check lock*, atau juga bisa menggunakan *website sebagai pengganti atau pelengkap marketing tools* dsb.
Inilah hal yang perlu kita pikirkan secara kreatif mengingat sekarang persaingan usaha semakin gencar! Apalagi ditambah faktor fraud/kecurangan yang sering terjadi juga harus kt pikirkan.
Seperti artikel dibawah penerapan sistem cash less sangat bermanfaat bagi perusahaan PT. Jasa Marga, kenapa tidak kita contoh? Sebagai contoh kita bisa terapkan *sistem payment AR/Piutang usaha dengan sistem transfer*, memberikan *tunjangan transport tol dgn sistem etoll card*, memberikan ganti *uang bensin/bbm dgn voucher atau berlangganan pada spbu tertentu yang dipercaya*, dsbnya.
Tentunya apabila kita sudah meminimalkan terjadinya kecurangan didalam perusahaan kita, niscaya profit yang ada bisa bertambah!
Selamat pagi dan salam semangat!

Sekian artikel mengenai Penerapan Penggunaan Teknologi ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Dedy Sidarta (CEO of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?