Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Audit Investigatif dengan Teknik Audit

Audit Investigatif dengan Teknik Audit

Audit Investigatif dengan Teknik Audit

Audit Investigatif dengan Teknik Audit

 Kunci keberhasilan audit investigatif dengan teknik audit antara lain sebagai berikut:

  • Mengerti persoalan-persoalan yang akan diinvestigasi.
  • Menguasai dengan baik teknik-teknik audit investigasi
  • Kecermatan dalam menerapkan teknik yang telah disepakati untuk dijalankan atau yang telah dipilih.
  • Cermat dalam menarik suatu kesimpulan dari penerapan teknik yang telah dipilih.
  1. Teknik Audit

Teknik audit adalah cara-cara yang dipakai dalam mengaudit kewajaran penyajian laporan keuangan. Hasil dari penerapan teknik audit adalah bukti audit. Ada tujuh teknik, yang dirinci yakni:

  1. Memeriksa fisik atau physical examination lazimnya diartikan sebagai penghitungan uang tunai (baik dalam mata uang rupiah atau mata uang asing). Keras berharga, persediaan barang, dan barang berwujud (tangible assets) lainnya, kemudian diamati untuk mengetahui sesuatu.
  2. Meminta konfirmasi yaitu meminta pihak lain (dari yang diaudit investigatif) untuk menegaskan kebenaran atau ketidakbeneran suatu informasi. Dalam audit, teknik ini umumnya diterapkan untuk mendapat kepastian mengenai saldo utang-piutang. Dalam audit investigatif kita harus memperhatikan apakah pihak ketiga mempunyai kepentingan dalam audit investigatif.
  3. Pemeriksaan dokumen tidak hanya fisiknya saja, namun juga termasuk segala informasi yang tersimpan di media elektronik.
  4. Reviu analitikal yaitu suatu bentuk penalaran yang membawa seorang auditor atau investigator pada gambaran mengenai wajar, layak, atau pantasnya suatu data individual disimpulkan dari gambaran yang diperoleh secara global, menyeluruh atau agregat.
  5. Meminta informasi lisan atau tertulis dari auditee
  6. Menghitung kembali atau reperform tidak lain dari mengecek kebenaran perhitungan(kali, bagi, tambah, kurang, dan lain-lain).
  7. Melakukan pengamatan

Sekian artikel mengenai neraca ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Adi Utomo (EC of D’Consulting Business Consultant)

 

 

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?