Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN BISNIS SURABAYA akan membahas artikel tentang Pemahaman Tentang Job Costing

Pemahaman Tentang Job Costing

Dalam kegiatan usaha atau transaksi pastinya  tidak lepas dari kegiatan produksi. Hampir semua bidang usaha  melakukan kegiatan produksi atau dengan kata lain merubah wujud suatu barang baik secara fisik maupun satuan. Dalam kegiatan produksi kita tentunya mengenal istilah Jobcosting.

Menurut kami KONSULTAN BISNIS SUARABAYA, Job Costing merupakan sistem kalkulasi biaya berdasarkan pesanan dimana biaya yang dikumpulkan akan dibebankan ke unit produksi. Kunci dari perhitungan biaya berdasarkan pesanan (job costing) adalah biaya suatu pekerjaan berbeda dari pekerjaan lainnya, dan harus tetap ditelusuri secara terpisah.

Pendekatan Costing

  1. Costing Aktual :

Biaya tidak langsung didasarkan pada tarif biaya tak langsung aktual dikalikan aktivitas konsumsi aktual

  1. Costing Normal :

Biaya tidak langsung didasarkan pada tarif biaya tak langsung yang dianggarkan dikalikan aktivitas konsumsi actual.

Karakteristik perusahaan yang menggunakan job costing adalah :

  1. Perusahaan memproduksi berbagai macam produk sesuai dengan spesifikasi pemesanan.
  2. Biaya produksi digolongkan berdasarkan hubungannya dengan produk menjadi biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung.
  3. Biaya produksi langsung terdiri biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
  4. Biaya produksi langsung diperhitungkan sebagai beban pokok produksi pesanan tertentu berdasarkan biaya yang sesungguhnya terjadi.
  5. Beban pokok produksi per unit dihitung pada saat pesanan selesai diproduksi dengan cara membagi jumlah biaya produksi yang dikeluarkan untuk pesanan tersebut dengan jumlah unit produk yang dihasilkan dalam pesanan yang bersangkutan.

Manfaat dari penggunaan job costing bagi pihak manajemen adalah :

  1. Menentukan harga jual yang akan dibebankan kepada pelanggan.
  2. Mempertimbangkan dalam hal menerima atau menolak pesanan.
  3. Memantau realisasi biaya produksi.
  4. Menghitung laba atau rugi dari tiap pesanan.
  5. Menentukan beban pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang akan disajikan dalam neraca.

Langkah – langkah dalam perhitungan job costing yaitu :

  1. Identifikasi pekerjaan yang dipilih sebagai obyek biaya

Agar rincian dari perhitungan biaya berdasarkan pesanan sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, maka harus diidentifikasi pekerjaan sesuai dengan obyek biaya.

  1. Identifikasi biaya langsung pekerjaan

Dalam mengidentifikasi biaya manufaktur, yang dikategorikan menjadi biaya manufaktur langsung yaitu bahan baku langsung dan tenaga kerja manufaktur langsung.

  1. Pilih dasar alokasi biaya yang digunakan untuk mengalokasikan biaya tidak langsung ke pekerjaan

Biaya manufaktur tidak langsung adalah biaya – biaya yang diperlukan untuk menjalankan suatu pekerjaan namun tidak dapat dilacak langsung ke pekerjaan tertentu.

  1. Identifikasi biaya tidak langsung yang terkait dengan setiap dasar alokasi biaya

Alokasi tunggal berdasarkan jam kerja tenaga manufaktur langsung dapat digunakan untuk mengalokasikan biaya manufaktur tidak langsung bagi produk.

  1. Hitung tarif per unit dari setiap dasar alokasi biaya yang digunakan untuk mengalokasikan biaya tidak langsung ke pekerjaan.
  2. Hitung biaya tidak langsung yang dialokasikan ke pekerjaan

Biaya tidak langsung dari suatu pekerjaan dihitung dengan mengalihkan kuantitas aktual dari setiap dasar alokasi biaya (satu dasar alokasi untuk setiappool) yang terkait dengan pekerjaan itu dengan tarif biaya tidak langsung dari setiap dasar alokasi biaya.

  1. Hitung biaya total pekerjaan dengan menambahkan seluruh biaya langsung dan tidak langsung yang dibebankan ke pekerjaan.

Seluruh biaya yang terkait seperti manufaktur langsung yang meliputi bahan baku langsung dan tenaga kerja manufaktur langsung, serta biaya manufaktur tidak langsung.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : RIO  (EC Of D’Consulting Business Consultant)

 

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?