Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN BISNIS KETEPANG akan membahas artikel mengenai Fungsi dan Langkah Dalam Audit Manajemen 

Konsultan pajak Ketapang, Konsultan Bisnis Ketepang, Konsultan Sistem Ketapang

Fungsi dan langkah dalam audit manajemen

Audit manajemen merupakan audit yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan operasional perusahaan. Disisi lain audit manajemen befungsi untuk memberikan rekomendasi kepada manajemen puncak dalam mengatasi permasalahan-permasalahan operasional yang ada di perusahaan.

Konsultan Perencaan Keuangan Ketapang | Jasa Akuntansi Ketapang | Jasa Audit Ketapang

Beberapa permasalahan yang dapat diungkapkan dalam audit manajemen adalah sebagai berikut:

Sistem pengawasan manajemen yang tidak efektif, seperti pengawasan yang lemah, sistem informasi yang tidak memadai, kurangnya pengendalian internal baik akuntansi maupun administrasi.

Konsultan pajak Ketapang | Konsultan Sistem Ketapang | Konsultan Sop Ketapang | Konsultan Audit Keuangan Ketapang 

Prosedur dan administrasi internal yang buruk yang ditunjukkan oleh catatan yang tidak layak dan sistem informasi yang tidak dapat dipercaya.

Kekurangan dalam perencanaan, seperti kurang/tidak adanya atau ketidaklayakan standar, kebijakan, dan prosedur baik dalam lingkup fungsional maupun operasional kegiatan perusahaan.

Lemahnya struktur organisasi dan pola penempatan personel, seperti penetapan tugas dan tanggung jawab yang tidak jelas, kegiatan dan fungsi yang tidak perlu, pekerjaan yang saling tumpang tindih.

Konsultan Pembukuan Ketapang | Konsultan Keuangan Ketapang | Konsultan Manajemen Ketapang

Kelemahan dalam pengolahan bahan dan fasilitas, seperti pemborosan dalam penggunaan bahan, tidak tersedianya bahan, terlalu banyak persediaan, persediaan yang tidak bergerak, serta persediaan yang usang.

Dalam mengungkapkan permasalahan di dalam perusahaan, seorang auditor manajemen perlu membuat tahap pendahuluan audit berupa langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan audit manajemen. Hal ini akan berfungsi untuk membantu auditor manajemen menentukan scope audit di dalam perusahaan. Secara garis besar langkah umum yang dapat dilakukan seorang auditor manajemen adalah sebagai berikut:

Perencanaan.

Mengumpulkan bukti-bukti.

Analisis dan penyelidikan penyimpangan/deviasi.

Menentukan tindakan korektif.

Melaporkan hasil audit manajemen.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Adi Utomo  (EC Of D’Consulting Business Consultant)

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?