Bertemu kembali dengan kami KONSULTAN MANAJEMEN TANGERANG yang pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang Cash Flow Piutang

Cash Flow Piutang

Piutang .. bagi para accounting mungkin istilah atau nama piutang sendiri sudah sering terdengar dan sudah tidak asing lagi. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manajemen arus kan terkait bagaimana cara mengelola piutang / manajemen piutang dengan baik dan benar. Sebelum masuk ke pengelolaan cash flow, mari kita cari tahu pengertian dari piutang itu sendiri. Piutang merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang timbul akibat adanya penjualan barang,  jasa atau pemberian kredit terhadap debitur yang pembayaran pada umumnya diberikan dalam tempo 30 hari sampai dengan 90 hari. Dalam arti luas, piutang merupakan tuntutan terhadap pihak lain yang berupa uang, barang atau jasa yang dijual secara kredit. Piutang dalam akuntansi lebih sempit pengertiannya yaitu untuk menunjukkan tuntutan pada pihak luar perusahaan yang diharapkan akan diselesaikan dengan penerimaan sejumlah uang tunai. Pada umumnya piutang timbul akibat dari transaksi penjualan barang dan jasa perusahaan, di mana pembayaran oleh pihak yang bersangkutan baru akan dilakukan setelah tanggal transaksi jual beli. Mengingat piutang merupakan harta perusahaan yang sangat penting, maka harus dilakukan prosedur yang wajar dan cara-cara yang memuaskan dengan para debitur sehingga perlu disusun suatu prosedur yang baik demi kemajuan perusahaan.

Di dalam mengelola piutang kita juga mengenal istilah AR Turn Over. AR Turnover sendiri memiliki arti perputaran piutang / arus piutang yang terjadi pada perusahaan. Bagi perusahaan sangatlah penting untuk mengatahui tingginya perputaran piutang. Semakin tinggi perputaran piutang maka piutang yang dapat ditagih oleh perusahaan semakin banyak. Sehingga akan memperkecil adanya piutang tak tertagih dan memperlancar arus kas. Kapan bisa dikatakan arus piutang / perputaran kita baik dan kapan juga bisa dikatakan arus piutang / perputaran piutang suatu perusahaan buruk ?. di dalam menentukan baik buruknya perputaran piutang suatu perusahaan itu sendiri kita menggunakan rasio keuangan dalam menentukan baik buruknya perputaran piutang dalam suatu perusahaan.

Rasio / rumus untuk menghitung perputaran piutang adalah :

 

Perputaran Piutang =               Penjualan Kredit
             Piutang Rata-Rata

 

Sebagai contoh atas perputaran piutang di atas adalah sebagai berikut :

AR Turnover =  Penjualan Kredit bersih setahun : Rata – rata piutang

=   29.768.000 : 5.672.000

=  5,24 kali

Artinya tingkat perputaran piutang sebesar 5,24  kali  dalam setahun, dari penjualan kredit. Semakin tinggi perputaran piutang suatu perusahaan semakin baik, perputaran piutang dapat ditingkatkan dengan jalan memperketat kebijaksanaan penjualan kredit misalnya dengan jalan memperpendek waktu pembayaran.

Contoh di atas merupakan perhitungan untuk menghitung perputaran piutang selama setahun , namun jika ingin mengetahui perputaran piutang harian juga bisa dengan cara sebagai berikut :

Average collection period  = jumlah hari dalam setahun : Perputaran piutang

=  365 hari 5,24

= 69,65 atau 70 hari

Artinya Rata-rata piutang berputar selama 70 hari, hal ini berarti secara rata-rata perusahaan mengumpulkan piutangnya  dalam jangka waktu 70 hari. (Asumsi apabila perusahaan menetapkan jangka waktu kredit 60 hari  kepada para langganannya maka umur rata-rata piutang sebesar 70 hari menunjukkan kurang baiknya usaha manajemen dalam pengumpulan piutang.  Tetapi apabila sebaliknya jangka waktu kredit ditetapkan 90 hari, maka umur rata-rata piutag sebesar 70 hari menunjukkan manajemen bagian kredit atau pengumpulan piutang yang baik).

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya,  Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin berkonsultasi seputar permasalahan bisnis dan keuangan di perusahaan, silahkan klik tombol dibawah ini dan booking sesi konsultasi gratis dengan tim kami. 

Created By : Riki  (D’Consulting Business Consultant)

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?