Kali ini kami Konsultan Pajak Palembang ingin membahas perbedaan PT dan CV secara pajak dan badan usaha apa yang terbaik.

Konsultan Pajak Palembang

Konsultan Pajak Palembang

Konsultan Pajak Palembang

Banyak orang yang memilih PT untuk mendirikan sebuah badan usaha, hal itu dikarenakan menurut mereka PT memiliki legalitas hukum yang lebih kuat. Tapi sering sekali mereka tidak memikirkan aspek perpajakan yang mengikuti dibelakang adanya CV dan PT. Baiklah berikut kami akan jelaskan satu persatu beda CV dan PT secara pajak.

Menurut kami Konsultan Pajak Palembang, CV memiliki keunggulan dibidang pajak dari pada PT. Mengapa? Hal ini dikarenakan tarif pajak yang akan diterima CV secara netto termasuk pengambilan deviden hanya sebesar 25%. Pajak yang akan dibayarkan CV adalah sebesar 25% dari pada laba bersih, setelah itu laba bersih yang telah terpotong pajak apabila akan diambil oleh pemilik kedalam rekening pribadinya tidak akan terkena pajak lagi. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai pengambilan prive. Sedangkan untuk PT pajak yang dibayarkan memang sebesar 25% juga dari laba bersih, namun apabila laba bersih yang telah dipotong pajak tersebut akan diambil oleh pemilik, maka akan terkena lagi pph final atas deviden sebesar 10%. Maka dengan kata lain pajak dari PT adalah 25% + (75% * 10%) = 32,5%.

Tentunya dengan perhitungan tersebut pajak CV lebih murah dari pajak PT, namun ternyata yang perlu diketahui adalah CV tidak bisa memberikan gaji kepada direksi, tetapi PT bisa memberikan gaji kepada direksi. Dalam batasan tertentu memang PT akan mendapatkan tarif pajak yang murah, apabila keuntungan PT tidak sampai diatas 250juta, yang mana pada batas tersebut pajak yang dibayar hanya sebesar 15% (apabila diambil sebagai gaji direksi). Namun apabila sudah lebih dari angka tersebut, maka sama saja pembayaran yang akan dilakukan.

Jadi apabila anda ingin mendirikan badan usaha dan ada pertimbangan supaya bayar pajaknya bisa lebih murah, saran kami adalah dengan menggunakan CV. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan kepada kami, silakan hubungi 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

 

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?