Pada artikel kali, yang akan coba dibahas adalah mengenai meningkatkan produktivitas kerja

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Seringkali kita terlambat datang kerja, karena telat bangun dan terlambat pulang kerja karena pekerjaan kita dikantor belum selesai. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada pekerjaan kita sehari-hari. Dengan ritme kerja yang seperti itu, perlu adanya evaluasi pada diri sendiri agar kita dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Berikut kami berikan tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda, agar Anda bisa memanajemen waktu kinerja Anda di tempat kerja dengan tepat.

Yang pertama adalah :

  1. Bangunlah Lebih Pagi

Dengan bangun lebih pagi, Anda  merasa lebih segar dan Otak Anda lebih ringan, jika anda berangkat ke kantor lebih pagi anda akan terhindar dari stress yang sering di alami pekerja lain, yaitu macet sehingga terlambat sampai di kantor.cukup sederhana memang, tapi sangat berpengaruh bagi kesegaran otak kita.

  1. Buatlah Checlist Pekerjaan Anda Setiap Hari

Buatlah Checlist pekerjaan Anda, dan lakukan sesuai dengan to do list yang sudah Anda buat Setiap harinya.Dengan begitu, Anda akan tahu apa yang akan kerjakan hari ini. Sering-seringlah melihat to do list Anda, dan berikan tanda check list jika pekerjaan itu sudah dikerjakan. Jika ada to do list Anda yang belum Anda kerjakan, Anda akan fokus dalam pengerjaan to do list Anda. Lakukanlah secara rutin, mungkin terlihat sepele tapi sangat membantu dalam mengatur manajemen waktu Anda.

  1. Rapikan Kertas Kerja Anda

Sering kali kita keteteran dengan pekerjaan yang menumpuk dan mengeluarkan semua kertas kerja kita, justru itu akan memberatkan beban pikiran Anda, dan mengalihkan fokus Anda hari ini untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jadi, pilihlah kertas kerja secukupnya dan yang bersifat Urgent yang harus dikerjakan di hari itu juga. Setelah itu, Anda bisa menyelesaikan tugas Anda yang lainnya.

  1. Fokus dan kesampingkan keperluan pribadi Anda pada jam kerja

Tips ini susah-susah gampang, dikarenakan harus fokus dengan laptop atau komputer daripada Handphone pribadi Anda. Gunakanlah Handphone Anda pada saat jam Istirahat atau diluar jam kerja Anda, dikarenakan akan menyita banyak waktu jika ada pemberitahuan mengenai medsos atau Chatting Group yang bersifat pribadi dan kurang penting.

  1. Jauhkan Jadwal Rapat dari Tugas Deadline

Buatlah jadwal pertemuan rapat disaat Anda tidak terlalu sibuk dengan deadline pekerjaan. Jika Anda menjadwalkan di sela-sela dealine kerja Anda, Maka banyak resiko yang akan ditanggung, dimulai dari rapat yang selesai tidak tepat waktu atau ada tambahan di akhir rapat. Apalagi jika tempat berjauhan dengan kantor,  maka akan sangat membuang waktu Anda.

  1. Lakukan Analisis Biaya dan Kerugian Anda

Lakukanlah analisis biaya ketika Anda membuang waktu Anda, salah satu contoh, ketika Anda berangkat ke kantor dikarenakan bangun siang, Anda pasti terburu-buru dalam perjalanan, biasanya membawa bekal, akhirnya membeli makanan di jalan. belum lagi jika terjadi macet, Anda pasti akan stress. Apalagi ada beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan akan memotong uang kerajinan kehadiran Anda jika Anda datang  terlambat 1 menit saja, so buatlah analisis biaya Anda yang baik dan tepat.

  1. Tegaslah pada Rekan Kerja Anda yang Annoying

Acuhkan rekan kerja Anda yang annoying atau bersifat mengganggu pekerjaan Anda, berikan dia waktu ketika jam kerja Anda sudah mulai longgar atau ketika sedang jam istirahat. Contoh, ada salah satu rekan kerja Anda yang meminta bantuan Anda, padahal seharusnya bisa mengerjakan sendiri, tegaslah untuk berkata “tidak” dan berikan pengertian agar dia bisa lebih mandiri.

  1. Seringlah Sharing kepada atasan

Seringlah sharing kepada atasan Anda jika Anda merasa kesulitan dengan pekerjaan Anda, misalnya ada gangguan koneksi internet atau telpon sehingga membuat pekerjaan anda tertunda. Jangan malu-malu memberikan masukan kepada atasan Anda, jika masukan Anda cukup membantu dalam produktivitas kerja Anda dan team lain, atasan Anda akan mudah menyetujuinya.

     9. Jangan Sungkan Belajar dari Orang lain

Seringkali kita merasa pintar dari orang lain, padahal banyak hal yang belum kita pelajari dari orang lain, amatilah rekan kerja Anda yang mendapatkan reward atau jarang dikomplain oleh klien, pasti ada yang berbeda dari cara kinerjanya. Bergaulah dengan rekan kerja yang lebih rajin dari Anda, secara tidak langsung Anda akan terpengaruh untuk belajar menjadi lebih disiplin,  lebih rajin dari diri Anda biasanya, dan mempelajari cara berfikirnya dalam bekerja.

Semoga tips dari kami bermanfaat bagi Anda, silahkan mencoba. Apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3100 8700

Created by : Befit Aprilia (Executive HRD & GA of D’Consulting Business Consultant)

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?