Artikel kali ini Konsultan Sistem Makasar ingin membahas bagaimana cara membuat SOP yang baik dan dapat diterima oleh seluruh departemen perusahaan.

Konsultan Sistem Makasar

Konsultan Sistem Makasar

Konsultan Sistem Makasar

Pada dasarnya membuat SOP yang baik, bukan hanya membuat berdasarkan apa yang seharusnya atau standarnya saja. Karena biasanya apabila perusahaan membuat SOP seperti itu, yang terjadi adalah perusahaan hanya dipaksa mengikuti alur yang standar saja tanpa memperhatikan kendala yang terjadi, kondisi perusahaan, budaya kerja dan kemampuan sumber daya manusia yang ada. Alangkah baiknya ketika mulai membuat SOP disuatu perusahaan, dilakukan terlebih dulu proses review. Review yang dimaksud bisa mulai dari review job dari masing-masing personil, tugas dan wewenang, serta deadline-deadline yang ada dari setiap personil dan departemen. Ada baiknya kalau review tersebut diberikan suatu form khusus untuk menanyakan hal-hal yang ingin kita ketahui.

Biasanya kami Konsultan Sistem Makasar juga akan melakukan review business process yang sudah terjadi selama ini kepada 1 orang kepala / manager / direktur yang paham betul mengenai flow transaksi yang terjadi diperusahaan. Minimal dari penjelasan 1 orang tersebut akan memberikan gambaran besar dulu kepada kami dan kami dapat mengerti kerangka dari business process yang sudah berjalan seperti apa.

Lalu setelah itu sebaiknya setiap personil yang terlibat didalam kegiatan operasional perusahaan juga dipanggil satu persatu. Hal ini bertujuan agar setiap personil dapat menjelaskan secara rinci tentang apa yang mereka lakukan atau mereka ketahui dan mungkin kendala yang selama ini mereka hadapi dilingkungan kerjanya. Terkadang ketika melakukan sesi interview seperti ini, unek-unek dari setiap orang yang mana setiap rapat besar perusahaan tidak pernah diutarakan, malah dapat diutarakan dengan lebih maksimal dan akhirnya dapat terbentuklah suatu solusi yang baik untuk pengembangan SOP perusahaan.

Berangkat dari review tersebutlah, sebaiknya konsultan sistem membuatkan SOP yang baik dan dapat diterapkan diperusahaan. Karena pada dasarnya apabila perusahaan dianggap sebagai pasien dan konsultan sebagai dokter, maka sebaiknya dokter tersebut memeriksa pasiennya terlebih dulu baru memberikan obat yang sesuai. Meskipun SOP pada dasarnya sama, namun sering kali penerapannya harus kita modifikasi agar lebih dapat diterima oleh masing-masing lini yang ada diperusahaan dan mereka dapat bersama-sama bekerja sama untuk menyukseskan pengimplementasian SOP baru yang akan diterapkan.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai artikel kami ini silakan hubungi 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?