Kali ini kami Konsultan Pembukuan Yogyakarta ingin sharing mengenai aspek-aspek yang perlu diperhatikan pada saat melakukan closing laporan keuangan.

Konsultan Pembukuan Yogyakarta

Konsultan Pembukuan Yogyakarta

Konsultan Pembukuan Yogyakarta

Kegiatan closing laporan keuangan adalah kegiatan rutin yang melelahkan bagi departemen accounting dan finance. Pasalnya mereka harus kejar-kejaran dengan waktu yang ada, supaya closing laporan keuangan dapat dilakukan secara maksimal dan ontime. Tak jarang yang harus mereka lakukan adalah lembur pada hari-hari terakhir menjelang closing laporan keuangan dan bahkan ada beberapa perusahaan yang bagian accounting dan financenya tidur dikantor. Hal seperti inilah yang bisa membuat proses closing ini menghasilkan laporan keuangan yang kurang valid. Lalu apa saja sih yang harus diperhatikan pada saat melakukan closing laporan keuangan?

Menurut kami Konsultan Pembukuan Yogyakarta, untuk proses closing laporan keuangan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Pertama, perhatikan saldo awal dan saldo akhir dari kas dan bank yang ada didalam perusahaan. Kedua perhatikan juga transaksi stok, apakah stok akhir yang ada sudah sesuai dengan riil dilapangan, atau bisa dikatakan apakah sudah dilakukan stok opname. Ketiga kita perlu perhatikan mutasi dan saldo akhir dari piutang usaha dan hutang usaha, apakah sudah benar dan nota yang belum lunas sesuai dengan saldo piutang dan hutang usaha.

Keempat, pastikan bahwa saldo aktiva dan penyusutan sudah mencerminkan kondisi sebenarnya dari pada kondisi aset perusahaan. Kelima, pastikan bahwa saldo didalam neraca, terutama untuk akun-akun yang tidak umum, sebaiknya dicek dan dipastikan kebenarannya. Keenam adalah pastikan jurnal memo sudah dilakukan, terutama untuk jurnal memo yang dilakukan untuk mencatat selisih kurs, biaya yang masih harus dibayar, asuransi dibayar dimuka, dsb. Terakhir adalah sampling bukti dari dokumen-dokumen transaksi yang sudah dilakukan dan pastikan bahwa setiap transaksi memiliki dokumen yang valid.

Sekian artikel ini semoga dapat membantu memberikan pencerahan kepada para pembaca. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut hubungi 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?