Kali ini kami Konsultan Pembukuan Makassar ingin membahas betapa pentingnya cost control untuk kemajuan suatu perusahaan.

Konsultan Pembukuan Makasar

Konsultan Pembukuan Makassar

Konsultan Pembukuan Makassar

Perusahaan merupakan salah satu unit bisnis yang berorientasi pada  keuntungan dalam menjalankan kegiatannya atau sering disebut dengan profit oriented,  dimana perusahaan berharap dengan pengeluaran seminimal mungkin dapat menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin atau paling tidak perusahaan bisa menggunakan asetnya secara maksimal untuk memperoleh pendapatan. Pada prakteknya tidak semua perusahaan bisa melakukan hal tersebut bahkan banyak perusahaan yang justru memiliki kendala berupa tingginya biaya yang  tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh.  Kondisi diatas sebenarnya bisa diatasi dengan pengendalian terhadap biaya – biaya yang dikeluarkan dibanding dengan pendapatan yang diperoleh, disinilah fungsi Cost Control diperlukan dalam Perencanaan, pengawasan dan koordinasi yang berkaitan dengan penggunaan aset perusahaan kaena Cost Control punya peran untuk mengamankan kas atau setara kas perusahaan karena setiap aktivitas financing yang bersifat konsumable ataupun inventalisir dapat dimonitor oleh Cost Control.

Menurut kami Konsultan Pembukuan Makassar, peran cost control yang sangat vital bisa saja tidak efektif ketika keputusan manajemen tidak sejalan dengan visi Cost Control yang lebih mengacu pada efisiensi yang tepat dan terarah sehingga Cost Control harus mempunyai keberanian dalam menjalankan tugasnya dan harus memiliki argument yang logis dalam menjalankan tugasnya.

  • Berikut adalah beberapa tugas utama dari Cost Control
  1. Mengatur dan melaksanakan proses inventory setiap bulan.
  2. Menerapkan semua kebjakan dan prosedur Cost control kepada semua department dan memastikan semua penghitungan  inventory  beserta bukti atau document pendukungnya.
  3. Reviewer – Comperhensive. Memastikan kebenaran dari setiap transaksi (terutama transaksi pengeluaran/ Pembelian)
  4. Comparing data.
  5. Double Control
  • Tanggung jawab cost controller :
  1. Mengawasi keluar masuk semua barang,Storekeepers dan  Receiving.
  2. Bekerjasama dengan Purchasing dalam hal pembelian harga barang serta penerimaaan barang.
  3. Mengecek order pembelian ( PO) dan Market list
  4. Membuat laporan daily Flash Cost
  5. Melaksanakan inventory atau penghitungan  semua barang setiap bulan serta membuat laporan bulanan ( Cost of product )
  • Standard Control atau Pengawasan
  1. Mengawasi  penerimaan barang yang dilakukan oleh receiving dalam penghitungan quantity dan kualitas barang berdasarkan form order pembelian atau market list.
  2. Mengawasi dan memastiakn barang yang keluar dari store  harus di sertai dengan document Store Requestion yang lengkap ( Quantity Requestion item, Stock onhand,tanggal, nama, tanda tangan )
  3. Mengecek semua document pendukung untuk pembelian ( Purchase Order, Purchase Requestion, Market List, Cash Purchase dsb) untuk semua jenis pembelian.

Sekian artikel yang kami bahas, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3232 8778.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?