Kali ini Konsultan Bisnis Labuan Bajo ingin membahas mengenai apakah penting menggunakan program akuntansi didalam suatu perusahaan?

Konsultan Bisnis Labuan Bajo

Konsultan Bisnis Labuan Bajo

Konsultan Bisnis Labuan Bajo

Dewasa ini di Indonesia berkembang cukup banyak perusahaan dengan berbagai bidang yang berbeda-beda, mulai dari perusahaan dengan kekayaan aset hingga triliunan rupiah hingga UMKM. Hanya saja, tidak banyak perusahaan yang memahami betapa pentingnya sebuah pembukuan yang tersistem untuk kelangsungan bisnis mereka. Masih banyak perusahaan yang masih bersifat tradisional dimana fokus perusahaan tersebut semata-mata hanya memperkuat sektor operasional dan tidak terlalu memikirkan sisi administrasi karena masih belum memahami pentingnya software akutansi bagi sebuah bisnis. Perusahaan dengan tipe seperti ini memang akan tetap bisa menjalankan kegiatan operasionalnya, tetapi untuk menjadi perusahaan yang berkembang mungkin mereka sudah tertinggal satu langkah jika dibandingkan perusahaan yang telah memiliki pembukuan yang lebih tersistem.

Menurut kami Konsultan Bisnis Labuan Bajo, di era bisnis yang semakin berkembang saat ini, ketersediaan data menjadi suatu kebutuhan yang wajib harus dipenuhi. Data sudah bukan lagi hal yang bisa disepelekan, bahkan data saat ini dianggap sama pentingnya dengan barang ataupun komoditi yang di bisniskan.

Hampir mustahil bagi perusahaan yang masih “tradisional” bisa menyediakan kebutuhan data secara lengkap, tepat, dan akurat. Bisa anda bayangkan perusahaan dengan pencatatan seadanya bisa menyediakan data trend penjualan 5 tahun ke belakang? Data kenaikan atau penurunan harga terkait pembelian bahan secara lengkap? Perhitungan harga pokok penjualan (HPP)? Tentunya perusahaan yang masih tradisional tersebut cukup kesulitan bisa menyediakan berbagai data yang di butuhkan perusahaan.

Disinilah peran software akuntansi sangat dibutuhkan seiring perkembangan bisnis suatu perusahaan. software akuntansi di sini menawarkan banyak kelebihan yang bisa memudahkan penyediaan data dan juga penyederhanaan sistem pembukuan. Perusahaan tidak perlu lagi menyiapkan puluhan hingga ratusan buku untuk mencatat setiap transaksinya. Melalui software akuntansi ini setiap transaksi bisa langsung di input ke dalam program dan semua inputan yang telah di proses bisa di tarik datanya dengan sangat mudah.

Fitur yang di tawarkan software akuntansi saat ini sangat beragam, sehingga perusahaan bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya. Ada software yang hanya menyediakan fitur penjualan, ada yang menyediakan fitur pembelian, penjualan, dan kas bank, dan ada juga software yang menyediakan fitur sampai di proses pabrikasi. Disinilah perusahaan harus tepat dalam memilih software yang akan digunakan sehingga dana yang di investasikan tidak terbuang percuma.

Sampai di titik ini, perusahaan telah memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola sistem administrasi dengan baik. Semua transaksi perusahaan bisa di input dan tersimpan secara otomatis ke dalam program. Semua data mulai dari setoran modal, pembelian bahan, proses produksi, pengeluaran berbagai macam biaya, jumlah persediaan di gudang, hingga penjualan bisa tercover dengan rapi di dalam software akuntansi. Dari semua data yang telah di input tersebut, perusahaan sudah bisa menghasilkan laporan keuangan.

Laporan keuangan inilah output yang paling penting dari suatu software akuntansi. Tujuan akhir dari suatu modernisasi perusahaan dengan menggunakan software akuntansu adalah supaya perusahaan bisa memiliki Laporan Keuangan. Fungsi dari Laporan keuangan itu sendiri sangat beragam, mulai dari untuk analisa biaya, analisa omset, analisa HPP dan masih banyak lagi hal yang bisa di pelajari dari Laporan keuangan untuk kemajuan bisnis perusahaan ke depan. Setelah berbagai hal bisa di analisa dengan baik melalui Laporan yang akurat, perusahaan mulai bisa berpikir lebih jauh untuk mulai ber investasi.

Disinilah peran penting sebuah software akuntansi bagi perkembangan bisnis suatu perusahaan. Satu hal yang perlu di ingat, ketersediaan DATA merupakan kebutuhan primer bagi perusahaan yang ingin berkembang. Semoga dapat membantu bisnis pembaca sekalian, apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?