Kali ini Konsultan Bisnis Gresik ingin membahas perihal bagaimana cara untuk memaksimalkan kinerja dari para karyawan yang anda miliki.

Konsultan Bisnis Gresik

Konsultan Bisnis Gresik

Konsultan Bisnis Gresik

Pada dasarnya cara memimpin karyawan sudah ada pada pepatah jawa yang lama sudah dibuat. Anda pernah mendengar istilah-istilah ini? Ing Ngarso Sung tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani? Ketika kami membaca istilah-istilah ini kami langsung memahami bahwa cara memimpin karyawan ternyata tidaklah sesulit yang kita bayangkan dan ternyata sudah pernah dibicarakan pada awal Indonesia merdeka.

Coba kali ini Konsultan Bisnis Gresik akan membahas satu persatu cara paling standar untuk memimpin karyawan tersebut. Pertama apabila kita sebagai pemimpin sebaiknya kita selalu memberikan contoh yang baik kepada seluruh karyawan yang kita miliki. Seperti, apabila kita memiliki peraturan tidak boleh datang terlambat, maka sebaiknya pimpinan juga memberi contoh dengan tidak boleh datang terlambat. Apabila ada peraturan memakai seragam kerja, maka sebaiknya pimpinan juga melakukan hal yang sama. Jangan karena anda sebagai pimpinan, anda menganggap bahwa anda boleh bertindak seenaknya. Hal itulah yang malah membuat karyawan anda tidak respect dengan anda dan akhirnya susah untuk diarahkan.

Lalu hal yang kedua adalah sebagai pemipin hendaknya kita memimpin dan mengajar serta mengarahkan karyawan yang kita miliki. Pada dasarnya karyawan selalu memiliki sisi keras dan lembut. Ada karyawan yang kelihatannya keras dan tidak bisa diatur, tapi ternyata ada cara tertentu yang akhirnya bisa membuat dia bisa diatur atau diajarkan. Kita sebagai pemimpin hendaknya tahu, bagaimana cara mengarahkan dan mengajar setiap karyawan yang kita miliki. Apabila diperlukanpun bantulah mereka untuk melewati problem-problem kerja mereka yang anda rasa memang berat dan perlu dibantu. Apabila hal itu anda lakukan tentunya mereka akan menjadi lebih pandai dan akhirnya juga lebih segan dengan anda, karena anda juga berada disamping mereka ketika mereka sedang mengalami kesusahan kerja.

Lalu hal yang terakhir adalah memberikan dorongan, semangat dan motivasi. Hal terakhir ini sangat diperlukan untuk membangkitkan semangat dari setiap individu, khususnya individu yang ingin maju dan berkembang. Karyawan terkadang bisa mengalami down/dismotivasi. Hal ini lah yang harus anda cermati. Apabila ada karyawan yang sedang mengalami dismotivasi, panggillah dan berikanlah semangat secara personal ataupun apabila secara bersama-sama dengan team, silakan berikan pujian yang tulus kepada karyawan tersebut. layaknya mobil mogok yang anda bantu dorong, tentunya mesin mobil tersebut akan menyala kembali dan akan berjalan dengan lebih baik.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda untuk bisa memotivasi karyawan yang anda miliki dan akhirnya kinerja mereka dapat meningkat. Apabila ada yang ingin anda konsultasikan dengan kami mengenai bisnis, keuangan, sistem, pajak ataupun apapun yang terkait dengan masalah bisnis anda, silakan hubungi kami di 031 734 6576 / 087 777 510 668 / 0812 3232 9638.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?