Jasa Pembukuan Surabaya ingin membahas aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan pada saat menerima laporan keuangan dari staff accounting perusahaan anda.

Jasa Pembukuan Surabaya

Jasa Pembukuan Surabaya

Jasa Pembukuan Surabaya

Ketika anda sebagai pimpinan perusahaan menerima laporan keuangan dari staff accounting anda, apa yang pertama kali anda pikirkan? Yang terutama dan biasanya ditanyakan oleh pimpinan adalah “apakah kita untung atau rugi?”. Pertanyaan semacam inilah yang sering kali ditanya tanpa pimpinan memperhatikan aspek-aspek lain dari laporan keuangan yang ada. Tentunya ketika posisi perusahaan sedang untung, maka anda sebagai pimpinan tentunya akan senang, namun bila rugi? Tentunya sebaliknya bukan. Selain Laba/rugi tentunya bapak aspek lain yang harus anda tahu untuk dapat memaksimalkan informasi yang didapatkan dari laporan keuangan perusahaan anda.

Kali ini Jasa Pembukuan Surabaya akan membahas satu persatu untuk hal-hal tersebut, yaitu :

  1. Setiap menerima laporan keuangan dari staff accounting anda, coba dilihat terlebih dulu apakah laporan tersebut sudah mencakup minimal laporan seperti berikut : laporan laba rugi, laporan neraca, laporan rincian piutang usaha, laporan rincian hutang usaha, laporan persediaan per gudang, analisa atas laporan keuangan, catatan atas laporan keuangan, laporan piutang usaha yang sudah jatuh tempo namun belum tertagih, laporan hutang usaha jatuh tempo namun belum terbayar, dsb.
  2. Untuk laporan laba rugi tentunya anda harus meminta laporan sebaiknya yang multi periode (perbandingan beberapa periode), hal ini dimaksudkan agar anda dapat memeriksa laba/rugi anda dipengaruhi oleh faktur pendapatan atau biaya apa saja. Tentunya dengan menerima laporan laba rugi multi periode anda dapat membandingkan biaya dan pendapatan dari bulan kebulan, biaya apa saja yang membengkak dan secara signifikan mempengaruhi laporan laba rugi anda.
  3. Lalu setelah itu pastikan anda melihat Neraca Multi Periode juga, dalam neraca ini anda harus melihat untuk posisi-posisi akun kas bank apa sudah sesuai dengan rekening koran yang ada. Tentunya dalam neraca ini juga banyak akun-akun lain yang harus anda perhatikan, terutama diposisi aktiva dan passiva yang sifatnya mungkin agak aneh. Dalam akun-akun ini pastikan bahwa apabila ada akun yang aneh, tanyakan kepada staff accounting anda. Pastikan juga didalam akun neraca, adalah akun laba ditahan berasal dari laba ditahan akumulatif sampai dengan bulan anda menerbitkan laporan keuangan, apabila ada yang aneh dengan perhitungan laba ditahan, pastikan juga anda menanyakan kepada staff accounting anda.
  4. Pastikan juga anda dapat melihat posisi piutang usaha yang belum tertagih, dimana untuk umur piutang yang ada seharusnya sudah lewat dari jatuh tempo. Tanyakan juga kepada pihak Finance mengapa hingga saat ini piutang tersebut belum juga ditagih.
  5. Untuk posisi persediaan juga perlu diperhatikan bahwa, setiap bulan seharusnya pihak accounting melakukan stok opname yang mana harus anda lihat juga kebenarannya untuk stok opname tersebut.
  6. Untuk akun hutang usaha pastikan bahwa hutang yang belum terbayar adalah benar-benar hutang yang ada, bukan hutang tambahan.

Tentunya dengan keenam hal diatas dapat sedikit banyak membantu anda untuk memastikan apakah laporan keuangan yang diterbitkan sudah benar atau tidak, namun apabila dari artikel ini masih ada yang kurang jelas, yang mana ingin anda tanyakan kepada kami, feel free untuk menghubungi kami dinomor 031 734 6576 / 087 777 510 668 /0812 3232 9638 / 0821 770 46046 atau anda juga dapat mengirimkan kami email di dconsultingbusinessconsultant@gmail.com

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?